Rabu, 08 Januari 2014

PKN SD1

TAKE HOME EXAM UJIAN AKHIR SEMESTER SEMESTER GANJIL 2013-2014             Mata Kuliah                            : Pendidikan PKn SD 1             Program Studi                         : PGSD             Jenjang                                    : S-1             Dosen   Pengampu : Ahsan Sofyan, SE., M.Pd PETUNJUK Jawaban harus disertai dengan referensi dan daftar referensi harus dicantumkan Penulisan daftar literatur dan kutipan berdasarkan pedoman penulisan karya ilmiah. Jawaban harus dikerjakan sendiri-sendiri Redaksi tidak boleh sama. Di ketik dengan Time New Roman Font 12 dengan 1½ spasi dan pakai Cover : ada  Nama, dan NPM serta Kelas. Dikumpulkan tanggal 07 Januari 2014 Jam 09.00 – 00.00 Paradigma baru merupakan model atau kerangka berpikir sejalan dengan dinamika perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara menuju kehidupan masyarakat yang lebih demokratis, maka pendidikan kewarganegaraan sebagai mata pelajaran pembangunan karakter bangsa (National Character Building). Bagaimana proses dan peran paradigma baru bidang studi di pkn bagi pendidikan anak bangsa guna mengembangkan pola dinamika kehidupan dimasyarakat. Uraikan secara rinci tentang karakteristik bidang studi pkn model paradigma baru yang dilandasi oleh esensi pendidikan demokrasi di indonesia. Uraikan bentuk dasar bidang studi PKn bagi mahasiswa PGSD dan bagaimana kewajiban guru dalam mengajar bidang studi PKn yang membawa misi ruang lingkup butiran dalam hidup masyarakat. Proses pembelajaran tidak boleh over assimilation agar tidak terjadi ketidaksinambungan yang dapat merubah struktur yang ada. Seperti yang terdapat di dalam literature pendidikan, bahwa seorang anak mengalami pertumbuhan yang selama itu pula membutuhkan bimbingan dengan strategi mengajar, maka guru memiliki pemahaman tentang metode belajar mengajar. Tugas saudara menjabarkan peran guru di dalam PBM, antara lain: Guru harus memiliki keterampilan bagaimana cara menuangkan kurikulum di dalam proses pembelajaran di kelas yang mengacu pada dunia ranah. Guru yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan adalah guru yang memahami bagaimana teori atau cara mengajar yang baik. Apakah guru itu adalah pekerja potensi. Secara empiris, demokrasi dalam pendidikan dapat dilakukan melalui berbagai pola/sistem pendekatan pendidikan dan pengajaran konstruktivisme, penelitian tindakan kelas dan supervise klinis, Bagaimana pola bentuk pendekatan yang acuannya pada penelitian tindakan kelas supaya PBM demokrasi menjadi landasan pemberdayaan warga negara (Citizen empowerment). Bagaimana totalitas seorang guru dalam menetapkan pola interkasi demokrasi pada anak didiknya secara empiris pada lingkungan sekitar? Apakah alasan PBM demokrasi di negara indonesia tidak bisa berjalan sesuai dengan peran Hidden Curriculum)? SELAMAT BEKERJA

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons