About

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto Saya
biasa2 saja...gak ganteng2 amat gak jelek2 amat...tapi banyak yang suka...hanya kurang PD aja,tapi selalu berfikir POSITIF...berserah diri pada ALLAH SWT.

talk n think my Blog

Memuat...

Sabtu, 30 Juli 2011

PERBANDINGAN KURIKULUM SD, SMP DAN SMA

PERBANDINGAN KURIKULUM SD, SMP DAN SMA

1. Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
A. Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yangdiberikan mulai dari SD/MI/SDLB sampai SMP/MTs/SMPLB. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pada jenjang SD/MI mata pelajaran IPS memuat materi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.
Di masa yang akan datang peserta didik akan menghadapi tantangan berat karena kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis.
Mata pelajaran IPS disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Dengan pendekatan tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan.

B.  Tujuan
Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.   Mengenal  konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya
2.   Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu,  inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial
3.   Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
4.   Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.

C.  Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran IPS meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.   Manusia, Tempat, dan Lingkungan   
2.   Waktu, Keberlanjutan, dan Perubahan
3.   Sistem Sosial dan Budaya
4.   Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan.



D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Standar

Kelas 1,  Semester  1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga

1.1  Mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat
1.2  Menceriterakan  pengalaman diri
1.3  Menceriterakan kasih sayang antar anggota keluarga
1.4  Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga


Kelas 1,  Semester  2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
 2.Mendeskripsikan lingkungan rumah

2.1      Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga
2.2     Mendeskripsikan letak rumah
2.3     Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah




Kelas II, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
1.1     Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya
1.2     Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita
1.3     Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis

Kelas II, Semester 2


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2    Memahami kedudukan dan peran anggota dalamkeluarga dan lingkungan tetangga

2.1 Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga
2.2 Menceritakan pengalamannya dalam melaksanakan peran dalam anggotakeluarga
2.3  Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga



Kelas III,  Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
1.1  Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah
1.2  Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
1.3  Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
1.4  Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa


Kelas III, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2.      Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang

2.1  Mengenal jenis-jenis pekerjaan
2.2  Memahami pentingnya semangat kerja
2.3  Memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah
2.4  Mengenal sejarah uang
2.5  Mengenal penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan



Kelas IV, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.      Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi

1.1  Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dengan menggunakan skala sederhana
1.2  Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial  dan budaya
1.3  Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat
1.4  Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota, provinsi)
1.5  Menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dan menjaga kelestariannya
1.6  Meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di lingkungannya

Kelas IV, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2.      Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan  provinsi

2.1     Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya
2.2     Mengenal  pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat
2.3     Mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi,  dan transportasi serta pengalaman menggunakannya
2.4     Mengenal permasalahan sosial di daerahnya





Kelas V, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.      Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional  pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia


1.1     Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
1.2     Menceriterakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
1.3     Mengenal  keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya
1.4     Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
1.5     Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia


Kelas V, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
2.1     Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa  penjajahan  Belanda dan Jepang
2.2     Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
2.3     Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
2.4     Menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan 







Kelas VI, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.      Memahami  perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara  di Asia Tenggara, serta benua-benua
1.1   Mendeskripsikan perkembangan  sistem administrasi wilayah Indonesia
1.2   Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
1.3  Mengidentifikasi  benua-benua


Kelas VI, Semester 2


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2.      Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya

2.1  Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga 
2.2  Mengenalcara-cara menghadapi bencana alam

3.      Memahami  peranan bangsa Indonesia di era global


3.1  Menjelaskan peranan Indonesia pada era global dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan bangsa Indonesia
3.2  Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa

E. Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok,kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
2. Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
A. Latar Belakang

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yangdiberikan mulai dari SD/MI/SDLB sampai SMP/MTs/SMPLB. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pada jenjang SMP/MTs mata pelajaran IPS memuat materi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.

Di masa yang akan datang peserta didik akan menghadapi tantangan berat karena kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis.

Mata pelajaran IPS disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Dengan pendekatan tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan.

B.  Tujuan
Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.   Mengenal  konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya
2.   Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu,  inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial
3.   Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
4.   Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.

C.  Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran IPS meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.   Manusia, Tempat, dan Lingkungan   
2.   Waktu, Keberlanjutan, dan Perubahan
3.   Sistem Sosial dan Budaya
4.   Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan.


D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas VII, Semester  1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Memahami lingkungan kehidupan manusia



1.1 Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
1.2 Mendeskripsikankehidupan  pada  masa  pra-aksara di Indonesia
2. Memahami kehidupan sosial manusia

2.1 Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial
2.2 Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
2.3 Mengidentifikasi bentuk-bentuk  interaksi sosial
2.4 Menguraikanproses interaksi sosial
3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
3.1 Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan
3.2 Mengidentifikasi tindakan ekonomi  berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari


Kelas VII, Semester  2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
4. Memahami usaha manusia untuk mengenali  perkembangan lingkungannya





4.1 Menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan
4.2 Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan objek geografi
4.3 Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk
4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer, serta dampaknya terhadap kehidupan
5. Memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu-Budha sampai masa Kolonial Eropa

5.1 Mendeskripsikanperkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Hindu-Budha, serta peninggalan-peninggalannya
5.2 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia, serta peninggalan-peninggalannya
5.3  Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa
6.   Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
6.1 Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan dan pola permukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi
6.2 Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa
6.3 Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi
6.4 Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan



Kelas VIII, Semester  1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.   Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan  pertumbuhan jumlah penduduk








1.1 Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
1.2 Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya
1.3  Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
1.4 Mendeskripsikan permasalahan  kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan
2. Memahami proses kebangkitan nasional

2.1  Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah
2.2  Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia, dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia

3. Memahami masalah penyimpangan sosial
3.1 Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial (miras, judi, narkoba, HIV/Aids, PSK, dan sebagainya) sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
3.2 Mengidentifikasi berbagai upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
4. Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat
4.1Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
4.2 Mendeskripsikan pelaku ekonomi: rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara
4.3 Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat




Kelas VIII, Semester  2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
5. Memahami usaha persiapan kemerdekaan


5.1 Mendeskripsikanperistiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan RepublikIndonesia
5.2  Menjelaskan proses persiapan kemerdekaan Indonesia
6. Memahami pranata dan penyimpangan sosial

6.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial
6.2  Mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat
6.3 Mendeskripsikan upaya pengendalian penyimpangan sosial
7. Memahami kegiatan perekonomian Indonesia
7.1 Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan ekonomi, serta peranan pemerintah dalam upaya penanggulangannya
7.2 Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia
7.3  Mendeskripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional
7.4  Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta  terbentuknya harga pasar




Kelas IX, Semester  1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia


1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju
1.2 Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia
2. Memahami usaha mempertahankan kemerdekaan

2.1 Mengidentifikasiusaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
2.2  Mendeskripsikanperistiwa-peristiwa politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan
3. Memahami perubahan sosial budaya

3.1 Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya pada masyarakat
3.2  Menguraikantipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan
4. Memahami lembaga    keuangan dan perdagangan     internasional
4.1  Mendeskripsikan uang dan lembaga keuangan
4.2  Mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia





Kelas IX,  Semester  2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
5.Memahami hubungan manusia dengan bumi




5.1 Menginterpretasi peta tentang bentuk dan pola  muka bumi
5.2 Mendeskripsikan keterkaitan unsur-unsur geografis dan  penduduk di kawasan Asia Tenggara
5.3 Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera
6. Memahami usaha mempertahankan Republik Indonesia

6.1Mendeskripsikan perjuangan bangsa Indonesia merebut  Irian Barat
6.2 Mendeskripsikanperistiwa tragedi nasional Peristiwa Madiun/PKI, DI/TII,  G 30 S/PKI  dan konflik-konflik internal lainnya
7. Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional
7.1 Menjelaskan berakhirnya masa Orde Baru dan lahirnya Reformasi
7.2 Menguraikan perkembangan lembaga-lembaga internasional dan peran Indonesia dalam kerjasama internasional
7.3 Menguraikan  perilaku masyarakat dalam perubahan sosial-budaya di era global
7.4 Mendeskripsikan kerjasama antarnegara di bidang ekonomi
7.5 Mengidentifikasi dampak kerjasama antarnegara terhadap perekonomian Indonesia


E. Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

3. Mata Pelajaran Sosiologi untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)

A.  Latar Belakang


Sosiologi ditinjau dari sifatnya digolongkan sebagai  ilmu pengetahuan murni (pure science)  bukan ilmu pengetahuan terapan (applied science). Sosiologi dimaksudkan untuk memberikan kompetensi kepada peserta didik dalam memahami konsep-konsep sosiologi seperti sosialisasi, kelompok sosial, struktur sosial, lembaga sosial, perubahan sosial, dan konflik sampai pada terciptanya integrasi sosial. Sosiologi  mempunyai dua pengertian dasar yaitu sebagai ilmu dan sebagai metode. Sebagai ilmu, sosiologi merupakan kumpulan pengetahuan tentang masyarakat dan kebudayaan yang disusun secara sistematis berdasarkan analisis berpikir logis. Sebagai metode, sosiologi  adalah  cara berpikir untuk mengungkapkan realitas sosial yang ada dalam masyarakat dengan prosedur dan teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Dalam kedudukannya sebagai sebuah disiplin ilmu sosial yang sudah relatif lama berkembang di lingkungan akademika, secara teoretis sosiologi memiliki posisi strategis dalam membahas dan mempelajari masalah-masalah sosial-politik dan budaya yang berkembang di masyarakat dan selalu siap dengan pemikiran kritis dan alternatif menjawab tantangan yang ada. Melihat masa depan masyarakat kita, sosiologi dituntut untuk tanggap terhadap isu globalisasi yang didalamnya mencakup demokratisasi, desentralisasi dan otonomi, penegakan HAM, good governance (tata kelola pemerintahan yang baik), emansipasi, kerukunan hidup bermasyarakat, dan masyarakat yang demokratis.

Pembelajaran sosiologi  dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuanpemahaman fenomena kehidupan sehari-hari.  Materi pelajaran mencakup konsep-konsep dasar, pendekatan, metode, dan teknik analisis dalam pengkajian berbagai fenomena dan permasalahan yang ditemui dalam kehidupan nyata di masyarakat.  Mata pelajaran Sosiologi diberikan pada tingkat pendidikan dasar sebagai bagian integral dari IPS, sedangkan pada tingkat pendidikan menengah diberikan sebagai mata pelajaran tersendiri.

B.  Tujuan 

Mata pelajaran sosiologi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

1.      Memahami konsep-konsep sosiologi seperti sosialisasi, kelompok sosial, struktur sosial,  lembaga sosial, perubahan sosial, dan konflik sampai dengan terciptanya integrasi sosial
2.      Memahami berbagai peran sosial dalam kehidupan bermasyarakat
3.      Menumbuhkan sikap, kesadaran dan kepedulian sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

C.  Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Sosiologi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.      Struktur sosial
2.      Proses sosial
3.      Perubahan sosial
4.      Tipe-tipe lembaga sosial.



D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar


Kelas  X,  Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
1.1 Menjelaskan fungsi  sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan
1.2 Mendeskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
1.3 Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial



Kelas X,  Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2. Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan  kepribadian
2.1 Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian
2.2 Mendeskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial
2.3 Menerapkan pengetahuan sosiologi dalam kehidupan bermasyarakat















Kelas XI, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial
1.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan
1.2 Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat
1.3 Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial



Kelas XI,  Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2.Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

2.1 Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
2.2 Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
2.3 Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural







Kelas XII,  Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Memahami dampak perubahan sosial 
1.1 Menjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat
1.2 Menganalisis dampak perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat
2. Memahami lembaga sosial
2.1 Menjelaskan hakikat lembaga sosial
2.2 Mengklasifikasikan tipe-tipe lembaga sosial
2.3 Mendeskripsikan peran dan fungsi lembaga sosial



Kelas XII, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
3.Mempraktikkan metode penelitian sosial
3.1 Merancang metode penelitian sosial  secara sederhana
3.2 Melakukan penelitian sosial secara sederhana
3.3 Mengkomunikasikan hasil penelitian sosial secara sederhana



E. Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok,kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

4. Mata Pelajaran Ekonomi untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)
A.    Latar Belakang

Dalam rangka mewujudkan pendidikan yang bermutu sesuai dengan tuntutan masyarakat di era global serta perkembangan IPTEK yang telah membawa perubahan pada aspek kehidupan manusia termasuk aspek ekonomi, maka diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas dalam arti sebagai insan berilmu pengetahuan, berketerampilan, berbudi pekerti luhur, berakhlak mulia, bertanggungjawab dan berupaya mencapai kesejahteraan diri serta memberikan sumbangan terhadap keharmonisan dan kemakmuran keluarga, masyarakat, dan negara.

Ekonomi merupakan ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang bervariasi, dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi,  konsumsi, dan/atau distribusi.  Luasnya ilmu ekonomi dan terbatasnya waktu yang tersedia membuat standar kompetensi dan kompetensi dasar ini dibatasi dan difokuskan kepada fenomena empirik ekonomi yang ada disekitar peserta didik, sehingga peserta didik dapat merekam peristiwa ekonomi yang terjadi disekitar lingkungannya dan mengambil manfaat untuk kehidupannya yang lebih baik.

Pembahasan manajemen difokuskan pada fungsi manajemen badan usaha dalam kaitannya dengan perekonomian nasional. Pembahasan fungsi manajemen juga mencakup pengembangan badan usaha termasuk koperasi.

Akuntansi difokuskan pada perilaku akuntansi jasa dan dagang. Peserta didik dituntut memahami transaksi keuangan perusahaan jasa dan dagang serta mencatatnya dalam suatu sistem akuntansi untuk disusun dalam laporan keuangan. Pemahaman pencatatan ini berguna untuk memahami manajemen keuangan perusahaan jasa dan dagang.

Mata pelajaran Ekonomi diberikan pada tingkat pendidikan dasar sebagai bagian integral dari IPS.Pada tingkat pendidikan menengah, ekonomi diberikan sebagai mata pelajaran tersendiri.



B.     Tujuan
Mata pelajaran Ekonomi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.      Memahami sejumlah konsep ekonomi untuk mengkaitkan peristiwa dan masalah ekonomi dengan kehidupan sehari-hari, terutama yang terjadi dilingkungan individu, rumah tangga, masyarakat, dan negara
2.      Menampilkan sikap ingin tahu terhadap sejumlah konsep ekonomi yang diperlukan untuk mendalami ilmu ekonomi
3.      Membentuk sikap bijak, rasional dan bertanggungjawab dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi yang bermanfaat bagi diri sendiri, rumah tangga, masyarakat, dan negara
4.      Membuat keputusan yang bertanggungjawab mengenai nilai-nilai sosial ekonomi dalam masyarakat yang majemuk, baik dalam skala nasional maupun internasional


C.    Ruang lingkup
Mata pelajaran Ekonomi mencakupperilaku ekonomi dan kesejahteraan yang berkaitan dengan masalah ekonomi yang terjadi di lingkungan kehidupan terdekat hingga lingkungan terjauh, meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.      Perekonomian
2.      Ketergantungan
3.      Spesialisasi dan pembagian kerja
4.      Perkoperasian
5.      Kewirausahaan
6.      Akuntansi dan manajemen.





D.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas X,  Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.       Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan  dan sistem ekonomi
1.1       Mengidentifikasi kebutuhan manusia
1.2   Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
1.3   Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu  tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi
1.4          Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain
1.5          Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi
2.       Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen
2.1      Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi
2.2      Mendeskripsikan Circulair FlowDiagram
2.3      Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen
3         Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar
3.1      Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
3.2      Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya
3.3      Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah keseimbangan
3.4      Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang
3.5      Mendeskripsikan pasar input




Kelas X , Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
4.       Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi

4.1      Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro
4.2      Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi
5.       Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), Pendapatan Nasional (PN)
5.1      Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, PN
5.2      Menjelaskan manfaat perhitunganpendapatan nasional
5.3      Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain
5.4      Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi
6.       Memahami konsumsi dan investasi
6.1    Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan
6.2    Mendeskripsikan kurva permintaan investasi
7         Memahami uang dan perbankan
7.1    Menjelaskan konsep permintaan dan penawaran uang
7.2    Membedakan peran bank umum dan bank sentral
7.3    Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang moneter






Kelas XI, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.   Memahamikondisi ketenagakerjaandan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi
1.1     Mengklasifikasi ketenagakerjaan
1.2    Mendeskripsikan tujuan pembangunan
1.3    Mendeskripsikan proses pertumbuhan ekonomi
1.4    Mendeskripsikan pengangguran beserta dampaknya terhadap pembangunan nasional
2.  Memahami APBN dan APBD
2.1    Menjelaskan pengertian, fungsi,tujuan APBN dan APBD
2.2    Mengidentifikasi sumber-sumber penerimaan pemerintah pusat dan pemerintah daerah
2.3    Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang fiskal
2.4    Mengidentifikasi jenis-jenis pengeluaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah

3. Mengenal Pasar modal
3.1 Mengenal jenis produk dalam bursa efek
3.2 Mendeskripsikan mekanisme kerja bursa efek
4. Memahami perekonomian
    terbuka
4.1    Mengidentifikasi manfaat,keuntungan dan faktor-faktor pendorong perdagangan internasional
4.2    Mengidentifikasi kurs tukar valuta asing, dan neraca pembayaran
4.3    Menjelaskan konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping
4.4    Menjelaskan pengertian devisa, fungsi sumber-sumber devisa dan tujuan penggunaannya




KELAS  XI, Semester 2  

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
5.       Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa
5.1 Mendeskripsikan akuntansi sebagai  sistem informasi
5.2 Menafsirkan persamaan akuntansi
5.3 Mencatat transaksi berdasarkan  mekanisme debit dan kredit
5.4 Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal umum
5.5 Melakukan posting dari jurnal ke buku besar
5.6 Membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan jasa
5.7 Menyusun laporan keuangan perusahaan jasa






Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.   Memahami penyusunansiklus akuntansi perusahaan    dagang
1.1 Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus
1.2 Melakukan posting dari jurnal khusus ke buku besar
1.3 Menghitung harga pokok penjualan
1.4 Membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan dagang
1.5 Menyusun laporan keuangan perusahaan dagang
2.   Mamahami penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang
2.1 Membuat jurnal penutupan
2.2 Melakukan posting jurnal penutupan ke buku besar
2.3 Membuat neraca saldo setelah penutupan buku


Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
3. Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian nasional
3.1 Menjelaskan unsur-unsur manajemen
3.2   Menjelaskan fungsi manajemen dalam pengelolaan badan usaha
3.3 Mendeskripsikan peran badan usaha dalam perekonomian Indonesia
4. Memahami pengelolaan koperasi dan kewirausahaan
4.1 Mendeskripsikan cara pengembangan koperasi dan koperasi sekolah
4.2 Menghitung pembagian sisa hasil usaha
4.3 Mendeskripsikan peran dan jiwa kewirausahaan

E.     Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok,kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.



5.      Mata Pelajaran Geografi untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)

A.    Latar Belakang


Geografi merupakan ilmu untuk menunjang kehidupan sepanjang hayat dan mendorong  peningkatan kehidupan. Lingkup bidang kajiannya memungkinkan manusia memperoleh jawaban atas pertanyaan dunia sekelilingnya yang menekankan pada aspek spasial, dan ekologis dari eksistensi manusia. Bidang kajian geografi meliputi bumi, aspek dan proses yang membentuknya, hubungan kausal dan spasial manusia dengan lingkungan, serta interaksi manusia dengan tempat. Sebagai suatu disiplin integratif, geografi memadukan dimensi alam fisik dengan dimensi manusia dalam menelaah keberadaan dan kehidupan manusia di tempat dan lingkungannya.

Mata pelajaran Geografi membangun dan mengembangkan pemahaman peserta didik tentang variasi dan organisasi spasial masyarakat, tempat dan lingkungan pada muka bumi. Peserta didik didorong untuk memahami aspek dan proses fisik yang membentuk pola muka bumi, karakteristik dan persebaran spasial ekologis di permukaan bumi. Selain itu peserta didik dimotivasi secara aktif dan kreatif untuk menelaah bahwa kebudayaan dan pengalaman  mempengaruhi persepsi manusia  tentang tempat dan wilayah.

Pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperoleh dalam mata pelajaran Geografi diharapkan dapat membangun kemampuan peserta didik untuk bersikap, bertindak cerdas, arif, dan bertanggungjawab dalam menghadapi masalah sosial, ekonomi, dan ekologis. Pada tingkat pendidikan dasar mata pelajaran Geografi diberikan sebagai bagian integral dari Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), sedangkan pada tingkat pendidikan menengah diberikan sebagai mata pelajaran tersendiri. 


B.     Tujuan


Mata pelajaran Geografi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
  1. Memahami pola spasial, lingkungan dan kewilayahan serta proses yang berkaitan
  2. Menguasai keterampilan dasar dalam memperoleh data dan informasi, mengkomunikasikan dan menerapkan pengetahuan geografi
  3. Menampilkan perilaku peduli terhadap lingkungan hidup dan memanfaatkan sumber daya alam secara arif serta memiliki toleransi terhadap keragaman budaya masyarakat.


C.    Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Geografi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.      Konsep dasar, pendekatan, dan prinsip dasar Geografi
2.      Konsep dan karakteristik dasar serta dinamika unsur-unsur geosfer mencakup litosfer, pedosfer, atmosfer, hidrosfer, biosfer dan antroposfer serta pola persebaran spasialnya
3.      Jenis, karakteristik, potensi, persebaran spasial Sumber Daya Alam (SDA) dan pemanfaatannya
4.      Karakteristik, unsur-unsur, kondisi (kualitas) dan variasi spasial lingkungan hidup, pemanfaatan dan pelestariannya
5.      Kajian wilayah  negara-negara maju dan sedang berkembang
6.      Konsep wilayah dan pewilayahan, kriteria dan pemetaannya serta fungsi dan manfaatnya dalam analisis geografi
7.      Pengetahuan dan keterampilan dasar tentang seluk beluk dan pemanfaatan peta, Sistem Informasi Geografis (SIG) dan citra penginderaan jauh.





D.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar


Kelas X, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek  geografi

1.1 Menjelaskan konsep geografi
1.2 Menjelaskan pendekatan geografi
1.3 Menjelaskan prinsip geografi
1.4 Mendeskripsikan aspek geografi
2. Memahami sejarah pembentukan bumi
2.1 Menjelaskan sejarah pembentukan bumi
2.2 Mendeskripsikan tata surya dan jagad raya



Kelas X, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
3. Menganalisis unsur-unsur geosfer
3.1 Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
3.2 Menganalisis atmosfer dan dampaknya  terhadap kehidupan di muka bumi
3.3 Menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi





Program  Ilmu Sosial

Kelas XI, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Menganalisis  fenomena biosfer dan antroposfer


1.1 Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
1.2 Menganalisis sebaran hewan dan tumbuhan
1.3 Menjelaskan pengertian fenomena antroposfer
1.4 Menganalisis aspek kependudukan  
2. Memahami Sumber Daya Alam

2.1 Menjelaskan pengertian Sumber Daya Alam
2.2 Mengidentifikasi jenis-jenis Sumber Daya Alam
2.3 Menjelaskan pemanfaatan Sumber Daya Alam secara arif



Kelas XI, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
3. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup

3.1 Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
3.2 Menganalisis pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan


Program  Ilmu Sosial

Kelas XII, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Mempraktikkan keterampilan dasar peta dan pemetaan



1.1 Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
1.2 Mempraktikkan keterampilan dasar peta dan pemetaan
1.3 Menganalisis lokasi industri dan pertanian dengan memanfaatan peta
2. Memahami pemanfaatan citra penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG) *)
2.1   Menjelaskan pemanfaatan citra penginderaan jauh
2.2   Menjelaskan pemanfaatan Sistem Informasi Geografis (SIG)

*) dilaksanakan sesuai dengan kondisi sekolah



Kelas XII, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
3. Menganalisis  wilayah dan pewilayahan
3.1 Menganalisis  pola persebaran, spasial, hubungan, serta interaksi spasial antara desa dan kota
3.2 Menganalisis kaitan antara konsep wilayah dan pewilayahan dengan perencanaan pembangunan wilayah
3.3 Menganalisis wilayah dan pewilayahan negara maju dan berkembang


E. Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.



6.      Mata Pelajaran Sejarah untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)
A.     Latar Belakang
Sejarah merupakan cabang ilmu pengetahuan yang menelaah tentang asal-usul dan perkembangan serta peranan  masyarakat  di masa lampau berdasarkan metode dan metodologi tertentu. Terkait dengan pendidikan di sekolah dasar hingga sekolah menengah, pengetahuan masa lampau tersebut mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan,  membentuk sikap, watak dan kepribadian peserta didik.

Mata pelajaran Sejarah telah diberikan pada tingkat pendidikan dasar sebagai bagian integral dari mata pelajaran IPS, sedangkan pada tingkat pendidikan menengah diberikan sebagai mata pelajaran tersendiri. Mata pelajaran Sejarah memiliki arti strategis dalam pembentukan watak dan peradaban bangsa yang bermartabat serta dalam pembentukan manusia Indonesia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air.Materi sejarah:

  1. mengandung nilai-nilai kepahlawanan, keteladanan, kepeloporan, patriotisme, nasionalisme, dan semangat pantang menyerah yang mendasari proses pembentukan watak dan kepribadian peserta didik;
  2. memuat khasanah mengenai peradaban bangsa-bangsa, termasuk peradaban bangsa Indonesia. Materi tersebut merupakan bahan pendidikan yang mendasar bagi proses pembentukan dan penciptaan peradaban bangsa Indonesia di masa depan;
  3. menanamkan kesadaran persatuan dan persaudaraan serta solidaritas untuk menjadi perekat bangsa dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa;
  4. sarat dengan ajaran moral dan kearifan yang berguna dalam mengatasi krisis multidimensi yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari;
  5. berguna untuk menanamkan dan mengembangkan sikap bertanggung jawab dalam memelihara keseimbangan dan kelestarian lingkungan hidup.
 
 


B.  Tujuan
Mata pelajaran Sejarah bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.    Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan  sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan
2.    Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah  dan metodologi keilmuan
3.    Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah sebagai bukti peradaban bangsa Indonesia di masa lampau
4.    Menumbuhkan pemahaman peserta didik terhadap proses terbentuknya bangsa Indonesia melalui sejarah yang panjang dan masih berproses hingga masa kini dan masa yang akan datang
5.    Menumbuhkan kesadaran dalam diri peserta didik sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang memiliki rasa bangga dan cinta tanah air yang dapat diimplementasikan dalam berbagai bidang kehidupan baik nasional maupun internasional.


C.   Ruang Lingkup


Mata pelajaran Sejarah untuk Sekolah Menengah Atas meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

  1. Prinsip dasar ilmu sejarah
  2. Peradaban awal masyarakat dunia dan Indonesia
  3. Perkembangan negara-negara tradisional di Indonesia
  4. Indonesia pada masa penjajahan
  5. Pergerakan kebangsaan
  6. Proklamasi dan perkembangan negara kebangsaan Indonesia.







D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas  X , Semester  1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Memahami prinsip dasar ilmu sejarah
1.1 Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah
1.2 Mendeskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara
1.3  Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

Kelas  X , Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2. Menganalisis peradaban Indonesia dan dunia
2.1 Menganalisis kehidupan awal masyarakat Indonesia
2.2  Mengidentifikasi peradaban awal masyarakat di dunia yang berpengaruh terhadap peradaban Indonesia
2.3Menganalisis asal-usul dan persebaran manusia di kepulauan Indonesia


Program Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas XI, Semester1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia pada masa negara-negara  tradisional
1.1     Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia
1.2     Menganalisis perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Hindu-Buddha  di Indonesia
1.3     Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan Islam terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia
1.4     Menganalisis perkembangan kehidupan negara-negara, kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
1.5     Menganalisis proses interaksi antara tradisi lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di Indonesia




Program Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas  XI , Semester  2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2. Menganalisis perkembangan bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan pendudukan Jepang
2.1  Menganalisis perkembangan pengaruh Barat dan perubahan ekonomi, demografi, dan kehidupan sosial budaya masyarakat di Indonesia pada masa kolonial
2.2  Menganalisis hubungan antara perkembangan paham-paham baru dan transformasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
2.3  Menganalisis  proses interaksi Indonesia-Jepang dan dampak pendudukan militer Jepang terhadap kehidupan masyarakat di Indonesia
3. Menganalisis sejarah dunia yangmempengaruhi sejarah Bangsa Indonesia dari abad ke-18 sampai dengan abad ke-20
3.1  Membedakan pengaruh RevolusiPrancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia
3.2 Menganalisis pengaruh revolusi industri di Eropa terhadap perubahan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia



Program Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas XII , Semester  1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.  Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia sejak proklamasi hingga lahirnya Orde Baru
1.1  Menganalisis peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan pembentukan pemerintahan Indonesia
1.2  Menganalisis perkembangan ekonomi-keuangan dan politik pada masa awal kemerdekaan sampai tahun 1950
1.3  Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia dalam memperta­hankan kemerdekaan dari ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan (antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI)
1.4  Menganalisis perkem­bangan politik dan ekonomi serta perubahan masyarakat di Indonesia dalam upaya mengisi kemerdekaan
2.  Menganalisis perjuangan sejak Orde Baru sampai dengan masa reformasi
2.1  Menganalisis perkembangan    pemerintahan Orde Baru
2.2  Menganalisis proses berakhirnya pemerintah Orde Baru dan terjadinya reformasi
2.3  Menganalisis perkembangan politik dan ekonomi serta perubahan masyarakat di Indonesia pada masa reformasi


Kelas XII , Semester  2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
3. Menganalisis perkembangan sejarah dunia sejak Perang Dunia II sampai dengan perkembangan mutakhir
3.1  Menganalisis perkem­bangan sejarah dunia dan posisi Indonesia di tengah perubahan politik dan ekonomi internasional setelah Perang Dunia II sampai dengan berakhirnya Perang Dingin
3.2  Menganalisis perkembangan mutakhir sejarah dunia


Program Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas   XI,  Semester  1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.  Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia dari negara tradisional, kolonial, pergerakan kebangsaan, hingga terbentuknya negara kebangsaan sampai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
1.1  Menganalisis perkembangan negara tradisional (Hindu-Buddha dan Islam) di Indonesia
1.2  Membandingkan perkembangan masyarakat Indonesia di bawah penjajahan: dari masa VOC, Pemerintahan Hindia Belanda, Inggris, sampai Pemerintahan Pendudukan Jepang
1.3  Menganalisis proses kelahiran dan perkembangan nasionalisme Indonesia
1.4  Menganalisis terbentuknya negara Kebangsaan Indonesia



Kelas    XI , Semester  2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2. Merekonstruksi perjuangan  bangsa Indonesia sejak masa Proklamasi  hingga lahirnya Orde Baru
2.1 Merekonstruksi perkembangan masyarakat Indonesia sejak proklamasi hingga Demokrasi Terpimpin
2.2 Menganalisis pergantian pemerintahan dari Demokrasi Terpimpin sampai lahirnya Orde Baru


Program Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas  XII , Semester  1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Merekonstruksi perjuangan  bangsa Indonesia sejak masa Proklamasi  sampai  masa Reformasi
1. 1 Merekonstruksi perkembangan masyarakat Indonesia pada masa Orde Baru
1.2   Merekonstruksi perkembangan masyarakat Indonesia pada masa Reformasi




Kelas  XII, Semester  2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2. Menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada abad ke-20
2.1  Menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan hubungannya dengan Perang Dunia II dan Perang Dingin
2.2  Menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia


Program  Bahasa

Kelas  XI , Semester  1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia pada masa negara-negara  tradisional
1.1    Menganalisis perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan (Hindu-Buddha dan Islam) di Indonesia
1.2  Menganalisis perkembangan kebudayaan Hindu-Buddha dan  Islam di Nusantara terutama dalam bidang bahasa dan karya sastra



Kelas   XI , Semester  2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2. Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia pada masa kolonial dan tumbuhnya pergerakan kebangsaan Indonesia
2.1 Menganalisis perkembangan masyarakat Indonesia di bawah penjajahan: dari masa VOC, Pemerintahan Hindia Belanda, Inggris, sampai Pemerintahan Pendudukan Jepang
2.2 Menganalisis perkembangan kebudayaan  masyarakat Nusantara di bawah penjajahan asing  terutama dalam bidang bahasa dan karya sastra
2.3 Menganalisis proses kelahiran dan perkembangan nasionalisme Indonesia


Program   Bahasa
Kelas  XII , Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Merekonstruksi perjuangan bangsa Indonesia sejak proklamasi hingga lahirnya Orde Baru
1.1 Merekonstruksi perkembangan masyarakat Indonesia sejak proklamasi hingga Demokrasi Terpimpin
1.2 Menganalisis pemerintahan dari Demokrasi Terpimpin sampai lahirnya Orde Baru
1.3  Menganalisis perkembangan kebudayaan  masyarakat Indonesia sejak proklamasi hingga Demokrasi Terpimpin terutama dalam bidang bahasa dan karya sastra

 
Kelas  XII , Semester  2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2. Merekonstruksi perjuangan bangsa  sejak Orde Baru sampai dengan masa Reformasi
2.1  Merekonstruksi perkembangan masyarakat Indonesia sejak pemerintahan Orde Baru sampai dengan masa Reformasi
2.2  Menganalisis perkem­bangan kebudayaan  masyarakat Indonesia sejak Orde Baru sampai dengan masa Reformasi terutama dalam bidang bahasa dan karya sastra


E.     Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok,kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

7.      Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/ Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)
A.    Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pada jenjang SMK/MAK mata pelajaran IPS memuat materi Geografi, Sejarah, Ekonomi, Sosiologi, dan Antropologi. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.
Mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat. Kemampuan tersebut diperlukan untuk memasuki kehidupan masyarakat yang dinamis.
Mata pelajaran IPS disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Dengan pendekatan tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan.


B.     Tujuan
Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.      Memahami konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya
2.      Berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial
3.      Berkomitmen terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
4.      Berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk di tingkat lokal, nasional, dan global.



C.    Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaranIPS meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.      Manusia, tempat, dan lingkungan
2.      Waktu, keberlanjutan, dan perubahan
3.      Perilaku ekonomi dan kesejahteraan
4.      Sistem sosial dan budaya.


D.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.      Memahami kehidupan sosial manusia

1. 1      Mengidentifikasi interaksi sebagai proses sosial
1. 2      Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
1. 3      Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial
2.      Memahami proses kebangkitan nasional

2.3          Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah
2.4          Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia, dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia

3.      Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi
3. 1      Mengidentifikasi kebutuhan manusia
3. 2      Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
3. 3      Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi
4.      Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen termasuk permintaan, penawaran, keseimbangan harga, dan pasar


4. 1      Mendeskripsikan berbagai kegiatan ekonomi dan pelaku-pelakunya
4. 2      Membedakan prinsip ekonomi dan motif ekonomi
4. 3      Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen
4. 4      Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
4. 5      Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya
4. 6      Mendeskripsikan pengertian keseimbangan dan harga
4. 7      Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar, barang dan jasa
5.      Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial
5. 1      Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan
5. 2      Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat
6.      Mendeskripsikan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

6. 1      Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
6. 2      Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
6. 3      Mendeskripsikan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
7.      Memahami kesamaan dan keberagaman budaya

7. 1      Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh budaya asing, dan hubungan antarbudaya
7. 2      Mendeskripsikan potensi keberagaman budaya yang ada di masyarakat setempat dalam kaitannya dengan budaya nasional
7. 3      Mengidentifikasi berbagai alternatif penyelesaian masalah akibat adanya keberagaman budaya
7. 4      Menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman budaya


E.     Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian












Analisis Kurikulum IPS Tingkat SD, SMP, dan SMA


Pendidikan IPS sebagai pendidikan disiplin ilmu dengan identitas bidang kajian elektik yang dinamakan ”an integrade system of knowledge”, syntetic discipline, multidimensional dan kajian monodisiplin. Pada tahun 1970 mulailah diperkenalkan Pendidikan IPS sebagai pendidikan displin ilmu. Pendidikan IPS memiliki kekhasan yakni kajian yang bersifat terpadu (integrated), interdisipliner, multidimensional bahkan crossdisiplier. Karakter ini terlihat dari perkembangan PIPS sebagai mata pelajaran di sekolah yang cakupan materinya semakin meluas seiring dengan kompleks dan rumitnya permasalahan sosial yang memerlukan kajian secara terinategrasi dari berbagai disiplin ilmu-ilmu sosial, ilmu pengetahuan alam, teknolo, humaniora, lingkungan bahkan sistem kepercayaan. Oleh karena itu IPS di tingkat sekolah pada dasarnya bertujuan untuk mempersiapkan para peserta didik sebagai warga negara yang menguasai pengetahuan (knowledge), keterampilan (sikap), dan nilai (attitudes and values) yang dapat digunakan sebagai kemampuan untuk memecahkan masalah pribadi atau masalah sosial serta kemampuan mengambil keputusan dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan agar menjadi warga negara yang baik.
Pengertian IPS di tingkat persekolahan mempunyai perbedaan makna khusus antara IPS Sekolah Dasar (SD), dengan IPS untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan IPS untuk Sekolah Menengah Atas (SMA).
Menurut Noman Sumantri bahwa tujuan Pendidikan IPS pada tingkat sekolah adalah :
1. Menekankan tumbuhnya nilai kewarganegaraan, moral, ideologi negara dan agama.
2. Menekankan pada isi dan metode berfikir ilmuwan
3. Menekankan reflective inquiry
1.      Jenjang SD/MI
Pada jenjang SD/MI, perorganisasian materi mata pelajaran IPS menganut pendekatan terpadu(integrated) yaitu materi pelajaran dikembangkan dan disusun tidak mengacu pada disiplin ilmu yang terpisah melainkan mengacu pada aspek kehidupan nyata peserta didik sesuai dengan karakteristik usia, tingkat perkembangan berfikir dan kebiasaan bersikap dan berprilakunya. Secara konseptual materi pelajaran IPS di SD belum mencakup dan mengakomodasi seluruh disiplin ilmu sosial. 

2.      Jenjang SMP/MTSn
Pada jenjang SMP/MTSn pengorganisasian materi mata pelajaran IPS menggunakan pendekatan korelasi yaitu materi pelajaran dikembangkan dan disusun mengacu pada beberapa disiplin ilmu secaara terbatas kemudian dikaitkan dengan aspek kehidupan nyata peserta didik sesuai dengan karakteristik usia, tingkat perkembangan berpikir dan kebiasaan sikap dan berperilaku. Secara konseptual, materi pelajaran  IPS di SPM belum mencakup dan mengkomodasi seluruh didiplin ilmu sosial.
3.      Jenjang SMA/MA/SMK
Pada jenjang SMA/ MA/SMK pengorganisasian mata pelajaran IPS menggunakan pendekatan terpisah (separated) artinya materi pelajaran dikembangkan dan disusun mengacu pada beberapa disiplin ilmu sosial secara terpisah. Dalam dokumen Permendiknas (2006), IPS untuk SMA dan MA lebih merupakan rumpun, sedangkan mata pelajaran adalah nama disiplin ilmu sosial tradisional yakni sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi. Sedangkan di SMK dan SMALB nama IPS adalah nama mata pelajaran seperti di SD/MI dan SM/MTs



0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons