About

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
Berpikir POSITIF, KRITIS, KREATIF,INOVATIF, SOLUTIF...berserah diri pada ALLAH SWT.

talk n think my Blog

Sabtu, 30 Juli 2011

Contoh silabus pembelajaran dalam IPS

Lampiran 1.  Contoh silabus pembelajaran dalam IPS
a.    Model Integrated
Contoh 1.
Tema : Menelusuri Lembah Bengawan Solo.
Kelas : VII
Standar Kompetensi
1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
2. Memahami kehidupan sosial manusia
3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan



Kompetensi
Dasar

Tema

Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Wak-tu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instru-men
Tipe
1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
6.1 Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, pengunaan lahan, dan pola pemukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi.


2.1 Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial.






6.2 Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa
Menelusuri Lembah Bengawan Solo
·   Letak aliran sungai Bengawan Solo
·   Kota-kota yang dilalui sungai Bengawan Solo
·   Kondisi alam di lembah Bengawan Solo
·   Hubungan antara kondisi alam Lembah Bengawan Solo dengan penemuan fosil-fosil manusia jaman praaksara
·   Kehidupan manusia  praaksara
·   Kehidupan ekonomi
-       sebagai homo ecoomicus
-       Penggunaan lahan
-       Kegiatan ekonomi
·   Kehidupan sosial
-       Hubungan laki dan perempuan
-       Pembagian tugas
-       Pola pemukiman
-       Interaksi dan proses sosial
-       Keragaman budaya
·         Mengamati peta foto udara
·         Pemutaran film 
·         Presentasi
·         Ceramah, Tanya Jawab.
·   Menunjukkan letak aliran sungai Bengawan Solo
·   Menyebutkan kota-kota yang dilalui aliran bengawan Solo
·   Mendeskripsikan kondisi alam di lembah bengawan Solo
·   Menjelaskan Hubungan antara kondisi alam Lembah Bengawan Solo dengan penemuan fosil-fosil manusia jaman praaksara
·   Mengidentifikasi  sistem Kehidupan manusia  praaksara
·   Mendeskripsikan Kehidupan ekonomi manusia praaksara

·   Mendeskripsikan kehidupan sosial manusia jaman praaksara di lembah bengawan Solo
·   Mendeskripsikan keragaman budaya masyarakat praaksara
·Performance asessment







·Tes Tertulis.
·LKS (lembar pengamatan), Uraian, lembar observasi

·uraian











·Uraian bebas
4 X 40’
·       Peta Jawa Tengah dan Jawa Timur
·       Film CD Pembelajaran
·       Sardiman AM, dkk., 2008, Khazanah Ilmu Pengetahuai Sosial 1. Surakarta : Tiga Serangkai
·        Bahan ajar Menelusuri  lembah Bengawan Solo


Contoh 2.
Tema : Urbanisasi.
Kelas : VIII
Standar Kompetensi
1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan  pertumbuhan jumlah penduduk
4. Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat
3. Memahami masalah penyimpangan sosial
2. Memahami proses kebangkitan nasional


Kompetensi
Dasar

TEMA
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Aloka-si
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instru-men
Tipe
1.4 Mendeskripsikan permasalahan  kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan
URBANISASI













·      Pengertian Urbanisasi
·      Latar belakang dan faktor-faktor pendorong terjadinya urbanisasi (politik, ekonomi, sosial, dan geografis)
·      Proses urbanisasi
-       migrasi desa kota
-       Perluasan masyarakat kota
·      Perkembangan urbanisasi pada masa penjajahan sebagai akibat politik ethis
·      Dampak urbanisasi
-       Sosial
-       Polirtik
-       Ekonomi
-       Budaya

·   Observasi di lingkungan tempat tinggal tentang pekerjaan masyarakat

·   Diskusi kelompok tentang latar belakang urbanisasi, dampak urbanisasi, dan pengendalian dampak urbanisasi

·   Presentasi/pemaparan
·      Menjelaskan konsep urbanisasi
·      Mengidentifikasi latar belakang dan faktor-faktor pendorong terjadinya urbanisasi(politik, ekonomi, sosial, dan geografis)
·      Menjelaskan Proses urbanisasi  yang terdiri dari migrasi dari desa ke kota dan perluasan masyarakat kota
·      Mendeskripsikan dampak urbanisasi dalam bidang sosial terutama masalah  penyimpangan sosial dan penyakit sosial, sekonomi seperti kelangkaan, politik, dan budaya

·      Mendeskripsikan dampak politik ethis terhadap urbanisasi di Indonesia
·      Performance asessment,




·      Tes Tertu-lis.



·      LKS (lembar pengamat-an),

·      Uraian,















·      Uraian be-bas
4 jp













·       Gambar-gambar kepadat-an kota, arus mudik
·       Sardiman AM, dkk., 2008, Khaza-nah Ilmu Pengetahuai Sosial 2. Surakarta : Tiga Serangkai
·       Bahan ajar Urbanisasi
4.1 Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
3.1 Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial (miras, judi, narkoba, HIV/Aids, PSK, dan sebagainya) sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat

2.1  Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia, dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia










    
b. Contoh model correlated/ connected
Contoh    
Tema             :  Perjuangan bangsa Indonesia merebut  Irian Barat
Kelas             : IX
Standar Kompetensi Utama :
6. Memahami usaha mempertahankan Republik Indonesia

Standar Kompetensi yang berhubungan:
3. Memahami perubahan sosial budaya
7. Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional



Kompetensi
Dasar

TEMA
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Aloka-si
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instru-men
Tipe
6.1.Mendekripsikan perjuang-an bangsa Indonesia merebut Irian Barat


Merebut Kembali Irian Barat
·  Latar belakang terjadinya perjuangan mengembalikan Irian Barat




·  Perjuangan diplomasi; dan konfrontasi




·  Tri komando Rakyat



·  Persetujuan New York



·  Arti penting Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera)

·         Mengkaji dengan buku sumber latar belakang terjadinya perjuangan mengembalikan Irian Barat



·         Membaca buku reverensi tentang perjuangan diplomasi  dan konfrontasi politik dan ekonomi dalam upaya mengembalikan  Irian Barat

·         Mengamati gambar yang berkaitan dengan Tri Komando Rakyat


·         Membaca buku sumber yang berkaitan dengan perseujuan New York


·         Menelaah referensi arti penting Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera)


·    

·  Menguraikan latar belakang terjadinya perjuangan mengembalikan Irian Barat





·  Mengidentifikasi perjuangan diplomasi dan konfrontasi  dalam upaya mengembalikan Irian Barat



·  Mengidentifikasi pelaksanaan Trikomando Rakyat (Trikora)
·  Untuk merebut Irian Barat


·  Mendiskripsikan Persetujuan New York dan pengaruhnya terhadap penyelesaian masalah Irian Barat

·  Menjelaskan arti penting Penentuan pendapat rakyat (Pepera)

·  Tes









·  Pilih-an gan-da

·   Urai-an
·      Multiple choice


·      Uraian bebas
6 JP
·  Buku sumber yang relevan

·  Atlas sejarah

·  Foto dan gambar sejarah
·  Tokoh /masyarakat



3.1 Men-deskripsikan perubahan sosial-budaya pada masyarakat


·  contoh terjadinya perubahan sosial budaya.


·  Memberi contoh terjadinya perubahan sosial budaya.

·   
·   
·       

·   
7.4 Men-deskripsikan kerjasama antarnegara di bidang ekonomi


arti kerjasama ekonomi antarnegara

·  Menjelaskan arti kerjasama ekonomi antarnegara.

·   
·   
·       

·   




  
Contoh 2
Kelas VII
Standar Kompetensi
1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan


Kompetensi
Dasar
Tema
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Tipe
1.1  Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.
Keragaman Bentuk Muka Bumi
·   Tenaga Endogen dan Tenaga Eksogen

·   Gejala diastropisme dan vulkanisme





·   Faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi

·   Jenis-jenis batuan



·   Proses pelapukan




·   Proses erosi dan penyebabnya






·   Proses sedimentasi.


·   Dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangan-nya.

·   Mengamati gambar bentukan-bentukan di mka bumi yang merupakan hasil dari tenaga geologi.

·   Mengamati gambar tentang gejala-gejala diastropisme dan vulkanisme.
·   Mengamati peta sebaran tipe gunung api di Indonesia.


·   Mengkaji faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi.


·   Mengamati contoh jenis batuan melalui gambar dan batuan yang ada di lingkungan sekitar.

·   Mengamati gambar dan lingkungan sekitar tentang proses pelapukan.



·   Mengamati obyek dan  gambar tentang erosi.






Menelaah contoh kenampakan hasil proses sedimentasi


Membaca buku sumber tentang dampak positif dan negatif tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.

·   Mendeskripsikan endogen yang menyebabkan   terjadinya     bentuk muka bumi.


·   Mendeskripsikan gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.




·   Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya.


·   Mengindentifikasi jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya.

·   Mendeskripsikan  proses pelapukan.



·   Mendeskripsikan  proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya, dampaknya..
·   Mengidentifikasi  tindakan ekonomi yang menyebabkan proses erosi dan dampaknya
·   Mengidentifikasi dampak erosi terhadap kehidupan ekonomi dan sosial





·   Memberikan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.

·   Mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.


·   Tes lisan

·   Tes tulis

·   Penu-gasan




·   Uraian


·   Pilihan Ganda

·   Tugas rumah






·         Jawaban singkat


·         Multiple choice


·         Laporan
4 JP
·   Peta
·   Atlas
·   Globe
·   Gambar proses terjadinya diastropisme.
·   Gambar tipe gunung api
·   Gambar jenis batuan
·   LKS
·   CD
·   Buku sumber yang relevan.


2.1 Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial

·    
·   Interaksi sosial dan proses sosial
·   Mengamati terjadinya interaksi sosial dan proses sosial di lingkungan masyarakat
·         Menjelaskan kaitan interaksi sosial dan proses sosial.

·    
·    
·          

·    
3.2 Mengidentifikasi tindakan ekonomi  berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari
·    
·    
·    
·         Mendefinisikan pengertian motif dan prinsip  ekonomi. .
·        Mendeskripsikan perilaku  manusia dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya

·    
·    
·          

·    



Lampiran 2.  Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPS

Contoh RPP dengan model Integrated
Contoh 1.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS 

Satuan Pendidikan   : SMP / MTs
Mata Pelajaran           : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Kelas                            : VII
Standar Kompetensi         :
1.    Memahami lingkungan kehidupan manusia (Geografi dan Sejarah).
2.    Memahami Kegiatan ekonomi masyarakat (ekonomi)
3.    Memahami kehidupan sosial masyarakat. (sosiologi)
4.    Kemampuan memahami unsur-unsur usaha berekonomi (ekonomi)
Kompetensi Dasar    :
1.1.   Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
1.2    Mendeskripsikan  kehidupan  pada  masa  pra-aksara di Indonesia
6.1    Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, pengunaan lahan, dan pola pemukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi.
2.1    Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial.
6.2    Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa.


TOPIK                           : Menelusuri Lembah Bengawan Solo

Alokasi Waktu            : 4 X 40 MENIT

A.   Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari tema ini siswa diharapkan mampu :
a.    Menunjukkan letak aliran sungai Bengawan Solo
b.    Menyebutkan kota-kota yang dilalui aliran bengawan Solo
c.    Mendeskripsikan kondisi alam di lembah bengawan Solo
d.    Menjelaskan Hubungan antara kondisi alam Lembah Bengawan Solo dengan penemuan fosil-fosil manusia jaman praaksara
e.    Mengidentifikasi  sistem Kehidupan manusia  praaksara
f.     Mendeskripsikan Kehidupan ekonomi manusia praaksara
g.     
h.    Mendeskripsikan kehidupan sosial manusia jaman praaksara di lembah bengawan Solo
i.      Mendeskripsikan keragaman budaya masyarakat praaksara
B.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  1. Pendekatan  : Kontekstual
  2. Metode           : Pertemuan I : Pengamatan peta, pemutaran film, diskusi kelompok
Pertemuan II : Presentasi, ceramah, tanya jawab

C.   Sumber, Alat, dan Bahan Pembelajaran
-     Sardiman AM, dkk., 2008, Khazanah Ilmu Pengetahuai Sosial 1. Surakarta : Tiga Serangkai
-     Film Lembah Bengawan Solo
-     Peta Jawa Tengah dan Jawa Timur
-     Gambar-gambar tentang aktivitas penduduk di lembah Bengwan Solo.

D.   Langkah-Langkah Pembelajaran

Tahapan Kegiatan
Kegiatan
Pertemuan I
Kegiatan Awal/Pendahuluan

·        Pembukaan
·        Apersepsi : Tanya jawab tentang berbagai kegiatan yang dilakukan masyarakat
·        Mengkondisikan kelas
·        Menyampaikan tujuan pembelajaran
·        Mengamati peta aliran Bengawan Solo
·        Memberi motivasi kepada siswa dengan menunjukkan foto fosil manusia purba, monyet,  dan manusia sekarang.

Kegiatan Inti
Pertemuan I 
·        Tanya jawab tentang lembah Bengawan Solo
·        Memutar film Lembah Bengawan Solo
·        Guru dan siswa membentuk kelompok dengan anggota 4-5 orang.
·        Setiap kelompok mendiskusikan  materi yang ditugaskan oleh guru tentang asal usul kehidupan manusia, lapisan kulit bumi, kebudayaan zaman purba, dan interaksi kehidupan manusia.
·        Presentasi

Kegiatan inti
 Pertemuan II
·        Presentasi
·        Guru melakukan ceramah bervariasi dengan tanya jawab, tentang materi jenis aktivitas perekonomian penduduk, alasan penduduk memilih tempat tinggal, jenis-jenis barang konsumsi, hasil-hasil industri.
·        Setelah selesai, guru membagikan kertas ukuran 10 X 5 Cm dibagikan kepada siswa, tiap siswa memperoleh dua kartu warna kuning dan biru.
·          
Kegiatan Akhir/ Penutup
·        Siswa dipandu oleh Guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
·        Siswa diberi  tugas untuk dikerjakan di rumah (PR) untuk mengulang kompetensi yang kurang atau melanjutkan materi berikutnya
·        Guru memberikan pesan-pesan moral sehubungan dengan aktivitas ekonomi penduduk, misalnya kerjasama, mendengarkan pendapat orang lain, dll.
·        Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dan umpan balik.

E.   Penilaian
1. Indikator :  a. Menunjukkan letak aliran sungai Bengawan Solo
b.    Mendeskripsikan kondisi alam di lembah bengawan Solo
c.    Menjelaskan Hubungan antara kondisi alam Lembah Bengawan Solo dengan penemuan fosil-fosil manusia jaman praaksara
d.    Mengidentifikasi  sistem Kehidupan manusia  praaksara
e.    Mendeskripsikan Kehidupan ekonomi manusia praaksara
f.     Mendeskripsikan kehidupan sosial manusia jaman praaksara di lembah bengawan Solo
g.    Mendeskripsikan keragaman budaya masyarakat praaksara
2. Teknik penilaian
a.       Tes unjuk kerja (Performance asessment),
1)    Bentuk tugas :
·         mengamati peta dan film pembelajaram
·         Hasil pengamatan dibuat laporan dan dipresentasikan dalam kelas
2)    Rubrik (lembar pengamatan)
·         laporan
·         diskusi
Format penilaian tugas dan pelaksanaan diskusi:

No.

Nama
Aspek Penilaian
Jumlah
Nilai
Ketepatan penyelesaian tugas
Substansi
Bahasa












Catatan : Setiap kolom aspek penilaian diisi dengan nilai skor 0-10.
Skor nilai diperoleh dari penjumlahan tiga aspek yang diamati dibagi tiga

Format Penilaian Diskusi


No.

Nama
Aspek Penilaian
Jumlah Nilai
Keaktifan
Kerjasama
Kepemimpinan
Emosional















Catatan : Setiap kolom aspek penilaian diisi dengan nilai skor 0-10.
Skor nilai diperoleh dari penjumlahan empat aspek yang diamati dibagi empat
Jadi nilai Rudi = 32 : 4 = 8
b.      Tes Tertulis.
Contoh Soal Tes Tertulis:
1.      Berdasarkan bukti-bukti historis, keturunan siapakah manusia yang ada pada masa sekarang!
2.      Apakah yang dimaksud dengan interaksi sosial? Bagaimana pola interaksi kehidupan manusia purba di Lembah Bengawan Solo?
3.      Sebutkan jenis-jenis kegiatan ekonomi? Bagaimana kegiatan ekonomi manusia purba (masyarakat praaksara) di lembah bengawan Solo!
4.      Bagaimana upaya mengatur pola keselarasan dan keharmonisan keluarga dan masyarakat pada masyarakat praaksara dan masa sekarang?
Cara penilaian : Tiap soal memiliki bobot nilai 2,5, sehingga rentang skor tiap soal adalah 0-2,5 . Nilai masing-masing siswa diperoleh dengan menjumlahkan total skor yang diperolehnya.

Kisi-kisi jawaban :
1.      Berdasar volume otak pada berbagai jenis manusia purba, maka manusia sekarang merupakan keturunan Homo Sapien.
2.      Interaksi sosoal merupakan hubungan antar manusia. Manusia purba melakukan interaksi diawali dari satu keluarga dan berkelompok  hingga kemudian terjadi kontak dengan kelompok lain bahkan dengan daerah yang sangat jauh. Hal ini yang mendorong mobilitas manusia purba dan kedatangan nenek moyang di Indonesia.
3.      Kegiatan ekonomi terdiri dari konsumsi, produksi, dan distribusi. Pada kehidupan awal manusia purba hanya melakukan konsumsi, setelah semi menetap mereka melakukan produksi dengan menanam tanaman pangan, saat kehidupan telah menetap terjadi distribusi ditandai dengan tukar menukar barang (barter)
4.      Upaya mengatur keselarasan dan keharmonisan keluarga dan masyarakat adalah dengan menaati berbagai bentuk norma dan  kepercayaan. Masyarakat praaksara menjadikan keluarga dan kelompoknya sebagai sumber norma dan kepercayaan. Mereka sangat menghormati nilai-nilai tersebut. Upaya mengatur keselarasan dan keharmonisan keluarga masa sekarang lebih kompleks seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.



Jakarta,...... 2009
Mengetahui                                                                    Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah


     Ikhwan Al Badar, M.Pd.                                               Enung Hasanah, S.Pd
Contoh 2.
   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS 

Satuan Pendidikan   : SMP Pitagiri
Mata Pelajaran           : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Kelas                            : VIII
Standar Kompetensi         :
1.   Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan  pertumbuhan jumlah penduduk
4.   Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan (ekonomi)
3. Memahami masalah penyimpangan sosial
2. Memahami proses kebangkitan nasional

Kompetensi Dasar    : 1.4 Mendeskripsikan permasalahan  kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan
4.1 Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
3.1 Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial (miras, judi, narkoba, HIV/Aids, PSK, dan sebagainya) sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
2.2.Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia, dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia

TOPIK                           : URBANISASI
Alokasi Waktu            : 8  X 40 menit

B.   Tujuan Pembelajaran
 Setelah mempelajari tema ini siswa diharapkan mampu :
1.    Menjelaskan konsep urbanisasi
2.    Mengidentifikasi latar belakang dan faktor-faktor pendorong terjadinya urbanisasi(politik, ekonomi, sosial, dan geografis)
3.    Menjelaskan Proses urbanisasi  yang terdiri dari migrasi dari desa ke kota dan perluasan masyarakat kota
4.    Mendeskripsikan dampak urbanisasi dalam bidang sosial terutama masalah  penyimpangan sosial dan penyakit sosial, sekonomi seperti kelangkaan, politik, dan budaya
5.    Melacak dampak politik ethis terhadap urbanisasi di Indonesia pada masa penjajahan

C.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
a.       Pendekatan  : Konstruktivistik
b.      Metode           : Observasi, diskusi, show case

D.   Sumber, Alat, dan Bahan Pembelajaran
  1. Buku : Sardiman AM, dkk, 2008, Khazanah Ilmu Pengetahuan Sosial 2, kelas VIII SMP, Surakarta: Tiga Serangkai
  2. Ensiklopedi pengetahuan umum
  3. Peta Geografi, gambar diam (still picture)

E.   Langkah-Langkah Pembelajaran

Tahapan Kegiatan
Kegiatan
Kegiatan Awal/Pendahuluan
·        Pembukaan
·        Apersepsi :
·        Mengkondisikan kelas
·        Menyampaikan tujuan pembelajaran
·        Memberi motivasi kepada siswa

Kegiatan Inti
Pertemuan I
·       Siswa mengidentifikasi berbagai jenis pekerjaan dan mobilitas penduduk
·       Diskusi kelas untuk mengkonstruk konsep urbanisasi
·       Diskusi kelompok tentang materi :
-      Kelompok I: Latar Belakang Urbanisasi 
-      Kelompok II: Dampak Positif Urbanisasi bagi desa dan kota
-      Kelompok III: Dampak negatif urbanisasi bagi desa dan kota 
-      Kelompok IV:  Strategi pemecahan masalah negatif akibat urbanisasi .
·       Guru masuk ke setiap kelompok untuk berdialog dengan kelompok
·       Guru melakukan penilaian proses menggunakan lembar observasi
·       Setiap kelompok menyusun laporan hasil diskusi dalam bentuk media tayangan (show case)


Pertemuan II : Diskusi kelas
·         Presentasi kelompok I
·         Presentasi kelompok II
·         Presentasi kelompok III
·         Presentasi kelompok IV
·         Tiap kelompok membuat laporan hasil diskusi

Kegiatan Akhir/ Penutup
·         Siswa bersama dengan guru menyimpulkan bersama materi yang telah dipelajari
·         Siswa diminta membuat refleksi pembelajaram
·         Penilaian tes tertulis
·         Tindak lanjut, guru memberi tugas rumah untuk  mempelajari materi pertemuan selanjutnya
·         Guru memberikan pesan-pesan nilai
·         Guru memberikan penghargaan.


F.    Penilaian
  1. Indikator :     a.   Menjelaskan konsep urbanisasi
b.    Menjelaskan konsep urbanisasi
c.    Mengidentifikasi latar belakang dan faktor-faktor pendorong terjadinya urbanisasi(politik, ekonomi, sosial, dan geografis)
d.    Menjelaskan Proses urbanisasi  yang terdiri dari migrasi dari desa ke kota dan perluasan masyarakat kota
e.    Mendeskripsikan dampak urbanisasi dalam bidang sosial terutama masalah  penyimpangan sosial dan penyakit sosial, sekonomi seperti kelangkaan, politik, dan budaya
f.     Melacak dampak politik ethis terhadap urbanisasi di Indonesia pada masa penjajahan
  1. Teknik Penilaian
a.       Unjuk kerja (Performance asessment),
1)    Bentuk tugas :
·         mengamati peta dan film pembelajaram
·         Hasil pengamatan dibuat laporan dan dipresentasikan dalam kelas
2)    Rubrik (lembar pengamatan)
·         laporan
·         diskusi


Format penilaian tugas dan pelaksanaan diskusi:

No.

Nama
Aspek Penilaian
Jumlah
Nilai
Ketepatan penyelesaian tugas
Substansi
Bahasa
1











Catatan : Setiap kolom aspek penilaian diisi dengan nilai skor 0-10.
Skor nilai diperoleh dari penjumlahan tiga aspek yang diamati dibagi tiga

Format Penilaian Diskusi

No.

Nama
Aspek Penilaian
Jumlah Nilai
Keaktifan
Kerjasama
Kepemimpinan
Emosional















Catatan : Setiap kolom aspek penilaian diisi dengan nilai skor 0-10.
Skor nilai diperoleh dari penjumlahan empat aspek yang diamati dibagi empat
b.      Tes tertulis
Contoh Soal Tes Tertulis:
1.    Bagaimana hubungan pertumbuhan penduduk dengan kelangkaan sumber daya alam?
2.    Bagaimana hubungan kelangkaan dengan kecenderungan masyarakat untuk melakukan migrasi?
3.    Pada awal abad XX Pemerintah Hindia Belanda mengeluarkan kebijakan politik etis. Bagaimana hubungan politik etis dengan urbanisasi dan pergerakan nasional Indonesia?

Cara penilaian : Tiap soal memiliki bobot nilai 2 – 4 sehingga nilai masing-masing siswa diperoleh dengan menjumlahkan total skor yang diperolehnya
Skor soal no 1 = 3
Skor soal no 2 = 3
Skor soal no 3 = 4

Kisi-kisi jawaban:
1.    Pertumbuhan penduduk tidak sebanding dengan pertumbuhan sumber daya alam. Pertumbuhan penduduk menyebabkan penambahan eksploitasi sumber daya alam, sehingga terjadi sumber daya yang tersedia kurang mencukupi kebutuhan, maka terjadilah kelangkaan.
2.    Kelangkaan yang terjadi di suatu daerah akan mendorong masyarakat untuk mengatasi dengan cara mencari di daerah lain. Akibatnya terjadi mobilitas penduduk  berupa migrasi. Migrasi juga disebabkan oleh kelangkaan di daerah lain.
3.    Politik ethis terdiri dari edukasi, irigasi, dan migrasi. Edukasi menyebabkan tumbuhnya kota-kota pendidikan yang menampung rakyat dari berbagai daerah, irigasi diikuti pertumbuhan perkebunan dan munculnya kota-kota baru sekaligus mendorong kedatangan masyarakat di wilayah lain, migrasi dilakukan pemerintah Belanda untuk memenuhi tenaga kerja perkebunan di Sumatera.

Jakarta,...... 2009
Mengetahui                                                                    Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah


 Ikhwan Al Badar, M.Pd.                                               Enung Hasanah, S.Pd.

Contoh RPP dengan model Correlated/ Connected.
Contoh 1.

   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS 
 

Satuan Pendidikan      : SMP 2 Pandawa
Mata Pelajaran              : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Kelas                               : VII
Standar Kompetensi   :
                                         1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar     : 1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
Alokasi Waktu            : 4  X 40 menit

A.   Tujuan Pembelajaran
 Setelah mempelajari tema ini siswa diharapkan mampu :
1.    Mendeskripsikan tenaga endogen yang menyebabkan   terjadinya     bentuk muka bumi.
2.    Mendeskripsikan gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.
3.    Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya.
4.    Mengindentifikasi jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya.
5.    Mendeskripsikan  proses pelapukan.
6.    Mendeskripsikan  proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya, dampaknya..
7.    Mengidentifikasi  tindakan ekonomi yang menyebabkan proses erosi dan dampaknya
8.    Mengidentifikasi dampak erosi terhadap kehidupan ekonomi dan sosial
9.    Memberikan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
10. Mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.

B.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan  : Kontekstual
Metode           : Ceramah, permainan

C.   Sumber, Alat, dan Bahan Pembelajaran
  1. Buku : Sardiman AM, dkk, 2008, Khazanah Ilmu Pengetahuan Sosial 1, kelas VII SMP, Surakarta: Tiga Serangkai
  2. Peta Geografi, gambar diam (still picture)


D.   Langkah-Langkah Pembelajaran

Tahapan Kegiatan
Kegiatan
Kegiatan Awal/Pendahuluan
Pembukaan
Apersepsi :
Mengkondisikan kelas
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Memberi motovasi kepada siswa

Kegiatan Inti
Pertemuan I
·       Siswa mengamati gambar bencana gempa bumi, gunung meletus, stalaktit dan stalaknit gowa
·       Tanya jawab dengan siswa berbagai penyebab fenomena alam tersebut
·       Mengkaji keragaman bentuk muka bumi , proses pembentukan dan dampaknya bagi kehidupan manusia

Pertemuan II
·       Permainan kartu untuk melakukan recall materi pertemuan sebelumnya
·       Mengkaji materi tentang erosi, pelapukan, dan dampak tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan manusia

Kegiatan Akhir/ Penutup
·         Siswa bersama dengan guru menyimpulkan bersama materi yang telah dipelajari
·         Siswa diminta membuat refleksi pembelajaram
·         Penilaian tes tertulis
·         Tindak lanjut, guru memberi tugas rumah untuk  mempelajari materi pertemuan selanjutnya
·         Guru memberikan pesan-pesan nilai
·         Guru memberikan penghargaan.


E.   Penilaian
1.    Indikator       :
a.    Mendeskripsikan proses alam endogen yang menyebabkan   terjadinya     bentuk muka bumi.
b.    Mendeskripsikan gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.
c.    Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya.
d.    Mengindentifikasi jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya.
e.    Mendeskripsikan  proses pelapukan.
f.     Mendeskripsikan  proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya, dampaknya..
g.    Memberikan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
h.    Mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.

2. Teknik Penilaian
a.    Tes , bentuk : tertulis, tipe : uraian bebas
b.    Unjuk kerja           
1)    Bentuk tugas : mencari pasangan kartu
2)    Rubrik penilaian

Contoh format penilaian permainan


No.

Nama
Aspek Penilaian
Jumlah Nilai
Keaktifan
Semangat
Sportivitas


1
Agnes
9
9
9
27









Catatan : Setiap kolom aspek penilaian diisi dengan nilai skor 0-10.
Skor nilai diperoleh dari penjumlahan tiga  aspek yang diamati dibagi tiga
Jadi nilai diskusi Agnes = 27 : 3 = 9

Contoh Soal Tes Tertulis:
1.    Apakah yang dimaksud gejala geologi dan berikan contohnya!
2.    Buatlah peta jalur gempa bumi di Indonesia pada kertas karton ukuran A2!
  1. Jelaskan pengertian tenaga endogen dan eksogen serta dampaknya bagi kehidupan di muka bumi!
  2. Jelaskan proses pelapukan biologis!

Kisi-kisi jawaban.
  1. Gejala geologi merupakan semua gejala yang penyebabnya/bersumber dari dalam bumi. Contohnya gunung api dan  gempa bumi.
  2. Lihat peta di bahan ajar
  1. Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi seperti panas bumi dan gerakan lempeng bumi. Tenaga eksogen adalah tenaga yang disebabkan oleh gejala alam dari luar bumi seperti angin dan air. Dampak tenaga endogen misalnya gunung api dan gempa bumi, sedangkan contoh tenaga eksogen misalnya pelapukan, erosi, dan sedimentasi.
  2. Pelapukan biotik adalah pelapukan yang disebabkan oleh aktivitas makhluk hidup, misalnya akar menembus tembok, jamur dan lumut menyebabkan pelapukan.

Cara penilaian : Tiap soal memiliki bobot nilai 2 – 4 sehingga nilai masing-masing siswa diperoleh dengan menjumlahkan total skor yang diperolehnya
Skor soal no 1 = 2
Skor soal no 2 = 4
Skor soal no 3 = 2
Skor soal no 4 = 2

Jakarta,...... 2009
Mengetahui                                                       Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah


Drs. M. Ikhsan                                                   Indra J Pialang, S.Pd.

Contoh 2.

   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS 

Satuan Pendidikan   : SMP 2 Pandawa
Mata Pelajaran           : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Kelas                            : IX
Standar Kompetensi         :
4.   Memahami usaha manusia untuk mengenali  perkembangan lingkungannya
2.   Memahami kehidupan sosial manusia
6.   Memahami kegiatan ekonomi masyarakat

Kompetensi Dasar       : 6.1.Mendekrip-sikan perjuangan bangsa Indonesia merebut Irian Barat (Utama)
3.1 Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya pada masyarakat  (KD terkait)
7.4 Mendeskripsikan kerjasama antarnegara di bidang ekonomi
(KD terkait)
TOPIK                           :   Perjuangan bangsa Indonesia merebut  Irian Barat

Alokasi Waktu            : 4  X 40 menit

A.   Tujuan Pembelajaran
 Setelah mempelajari tema ini siswa diharapkan mampu :
1.    Menguraikan latar belakang terjadinya perjuangan mengembalikan Irian Barat
2.    Mengidentifikasi perjuangan diplomasi dan konfrontasi  dalam upaya mengembalikan Irian Barat
3.    Mengidentifikasi pelaksanaan Trikomando Rakyat (Trikora)
4.    Untuk merebut Irian Barat
5.    Mendiskripsikan Persetujuan New York dan pengaruhnya terhadap penyelesaian masalah Irian Barat
6.    Memberi contoh terjadinya perubahan sosial budaya di Irian Barat pasca PERPERA.

B.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
        Pendekatan  : Kontekstual
        Metode                       : Diskusi kelompok, Ceramah, permainan

C.   Sumber, Alat, dan Bahan Pembelajaran
  1. Buku : Sardiman AM, dkk, 2008, Khazanah Ilmu Pengetahuan Sosial 1, kelas VIII SMP, Surakarta: Tiga Serangkai
  2. Peta Irian Barat
  3. Gambar diam (still picture), foto-foto  pertambangan Freeport,

D.   Langkah-Langkah Pembelajaran

Tahapan Kegiatan
Kegiatan
Kegiatan Awal/Pendahuluan
        Pembukaan
        Apersepsi :
        Mengkondisikan kelas
        Menyampaikan tujuan pembelajaran
        Melakukan recall bersama siswa tentang hasil KMB

Kegiatan Inti
Pertemuan I
·       Menyampaikan peta konsep pembelajaran
·       Menjelaskan perkembangan kedaulatan RI pasca KMB
·       Siswa dibagi dalam kelompok dengan anggota 4-6 orang untuk mengidentifikasi latar belakang, proses, dan akhir perjuangan merebut Irian Barat
·       Presentasi



Pertemuan II
·       Permainan make a match,  
·       Guru menjelaskan kembali materi-materi yang  dianggap perlu penekanan, pelurusan, dan penambahan dari pertemuan sebelumnya.
·        
Kegiatan Akhir/ Penutup
·         Siswa bersama dengan guru menyimpulkan bersama materi yang telah dipelajari
·         Siswa diminta membuat refleksi pembelajaram
·         Penilaian tes tertulis
·         Tindak lanjut, guru memberi tugas rumah untuk  mempelajari materi pertemuan selanjutnya
·         Guru memberikan pesan-pesan nilai
·         Guru memberikan penghargaan.







E.   Penilaian
1. Indikator               :
a.   Menguraikan latar belakang terjadinya perjuangan mengembalikan Irian Barat
b.    Mengidentifikasi perjuangan diplomasi dan konfrontasi  dalam upaya mengembalikan Irian Barat
c.    Mengidentifikasi pelaksanaan Trikomando Rakyat (Trikora)
d.    Untuk merebut Irian Barat
e.    Mendiskripsikan Persetujuan New York dan pengaruhnya terhadap penyelesaian masalah Irian Barat
f.     Menjelaskan arti penting Penentuan pendapat rakyat (Pepera)
g.    Memberi contoh terjadinya perubahan sosial budaya.
h.    Menjelaskan arti kerjasama ekonomi antarnegara.
2. Teknik Penilaian
a.    Tes , bentuk : tertulis, tipe : uraian bebas
b.    Unjuk kerja           
1)    Bentuk tugas : Kegiatan diskusi
2)    Rubrik penilaian

Contoh Soal Tes Tertulis:
  1. Jelaskan perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kembali Irian Barat dari Belanda
  2. Bagamana keuntungan politik dan ekonomi kembalinya Irian Barat ke NKRI bagi bangsa Indonesia?

Format Penilaian Diskusi


No.

Nama
Aspek Penilaian
Skor Nilai
Keaktifan
Kerjasama
Kepemimpinan
Emosional
















           
Catatan : Setiap kolom aspek penilaian diisi dengan nilai skor 0-10.
Skor nilai diperoleh dari penjumlahan empat aspek yang diamati dibagi empat
Format Penilaian Hasil Laporan

No.

Nama
Aspek Penilaian
Skor Nilai
Sistematika
Subtansi
Bahasa
1
Bayu Aji
8
8
9
25







Catatan : Setiap kolom aspek penilaian diisi dengan nilai skor 0-10.
          Skor nilai diperoleh dari penjumlahan aspek yang diamati dibagi tiga.
            Jadi nilai diskusi Bayu Aji adalah = 25 : 3 = 8,3
Kisi-kisi jawaban soal
1.      Perjuangan bangsa Indonesia merebut Irian Barat setelah Konferensi Meja Bundar dilaksanakan dengan diplomasi dan konfrontasi. Akhirnya Irian Barat kembali ke pangkuan RI setelah melalui Penentuan Pendapat Rakyat, yang mana rakyat Irian Barat menyatakan sebagai bagian NKRI.
2.      Keuntungan politik : menjaga stabilitas negara kesatuan, kekuatan semakin besar karena wilayah semakin luas, secara ekonomi terjadi percepatan pembangunan ekonomi di Irian Barat semakin luasnya mobilitas ekonomi di Indonesia.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons