About

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
Berpikir POSITIF, KRITIS, KREATIF,INOVATIF, SOLUTIF...berserah diri pada ALLAH SWT.

talk n think my Blog

Jumat, 29 Juli 2011

proposal penelitian/sem:2

PROPOSAL PENELITIAN

PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA  SMA NEGERI 3  KOTA TARAKAN
Diajukan sebagai tugas mata kuliah Seminar Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Dosen : DR. Nana Supriatna, M.ED
 







Oleh :
AHSAN SOFYAN
1006980


PROGRAM  STUDI PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
SEKOLAH PASCASARJANA
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
BANDUNG
2011
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan jenjang pendidikan teratas pada tahap perkembangan siswa, pada jenjang ini penggunaan teknologi komunikasi dan informasi merupakan sesuatu yang mesti diterapkan agar menjadikan para siswa terbiasa dengan penggunaan teknologi komunikasi dan informasi ini ketika mereka melanjutkan pendidikan ke tahap/jenjang yang lebih tinggi, karena persaingan yang ketat di jenjang perguruan tinggi mewajibkan mereka untuk terbiasa dengan penggunaan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin kesini semakin pesat perkembangannya.
Penggunaan teknologi komunikasi dan informasi ini lebih dikhususkan pada penggunaan komputer yang merupakan alat bantu yang kegunaannya sudah sangat diperlukan pada berbagai kegiatan khususnya dibidang pendidikan. Dalam hal ini komputer dapat dimanfaatkan untuk menyajikan pembelajaran yang lebih interaktif dengan digunakannya media presentasi yang berbasis multimedia.
Media presentasi merupakan salah satu bagian dari media pembelajaran, pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang tidak membuat jenuh para siswa ketika melaksanakannya, maka dari itu dibuatlah model pembelajaran dengan memanfaatkan komputer sebagai alat bantu agar pembelajaran menjadi sesuatu yang menyenangkan, membuat siswa lebih aktif, termotivasi, dan tidak membosankan/jenuh.
Setiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda, tidak semua siswa dapat memahami setiap pelajaran dengan cepat, adakalanya seorang siswa itu dapat memahami suatu pelajaran bila apa yang dijelaskan oleh gurunya disertai dengan penjelasan secara visual/bergambar. Hal ini merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.
Dari hasil penelusuran, belum banyak penelitian mengenai pengaruh media presentasi terhadap hasil belajar siswa, khususnya pada pembelajaran TIK di SMA.


B. Perumusan Masalah
Pembelajaran yang bermutu dapat tercapai bila proses pembelajaran dilakukan dengan efektif dan fungsional terhadap pencapaian kompetisi yang dimaksud. Media presentasi yang berbasis multimedia adalah salah satu jalan untuk mencapai tujuan tersebut. Bagaimana pengaruh media presentasi berbasis multimedia tersebut terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran TIK di SMA?
C. Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengukur sejauh mana pengaruh media presentasi berbasis multimedia terhadap hasil belajar para siswa pada pelajaran TIK di SMA.














BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Landasan Teori
1. Media Pembelajaran
Belajar merupakan hakikat dari kehidupan manusia, selama menjalankan hidup dari lahir sampai kematian menjemput proses pembelajaran pasti akan selalu terjadi. Belajar, merubah yang awalnya tidak tahu menjadi tahu, dan yang awalnya tidak bisa menjadi bisa.
Proses belajar erat kaitannya dengan media yang digunakan, yaitu alat bantu bagi siswa untuk merangsang kemauan belajar siswa. Adapun penjelasan makna dari kata media menurut para ahli adalah sebagai berikut:
MenurutGag ne , media adalah berbagai jenis komponen pada lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa belajar. Adapun pendapatBrig g s yang menyatakan bahwa media adalah segala alat fisik yang menyajikan pesan serta dapat merangsang siswa untuk belajar.
Pembelajaran adalah suatu upaya bimbingan bagi siswa agar secara sadar siswa mempunyai keinginan untuk belajar sebaik-baiknya sesuai dengan tahapan kemampuannya.
Jadi pengertian dari Media Pembelajaran adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan siswa yang digunakan sebagai alat bantu untuk menyampaikan pesan dalam proses belajar sehingga siswa teransang minat dan perhatiannya untuk belajar.
Pada proses pembelajaran, media pembelajaran berguna untuk memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu verbal yang hanya dengan kata-kata tertulis dan penjelasan lisan, mengatasi keterbatasan
ruang dan waktu serta daya indera, membuat siswa lebih aktif dan mengurangi sifat pasifnya, mengakomodir perbedaan individu siswa, dan membuat pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan.
Peranan Media pembelajaran menurut dan (1971:285) ditegaskan bahwa ada tiga keistemewaan yang dimiliki media pembelajaran yaitu:
(1) Media memiliki kemampuan untuk menangkap, menyimpan dan
menampilkan kembali suatu objek atau kejadian,
(2) Media memiliki kemampuan untuk menampilkan kembali objek atau kejadian dengan berbagai macam cara disesuaikan dengan keperluan, dan
(3) Media mempunyai kemampuan untuk menampilkan sesuatu objek
atau kejadian yang mengandung makna.
2. Media presentasi berbasis Multimedia
Media presentasi merupakan salah satu bagian dari media pembelajaran yang merupakan suatu media bagi siswa untuk melengkapi pada proses pembelajaran sehingga diharapkan para siswa lebih memahami pelajaran yang disampaikan.
Pada dasarnya media presentasi ini digunakan untuk materi- materi yang teoritis. Media presentasi adalah penggabungan antara text, gambar, video, grafik dan suara menjadi suatu kesatuan penyajian yang menarik untuk disimak, Bahan presentasi pada komputer tersebut dipancarkan ke layar dengan menggunakan proyektor layaknya pemutaran film.
Pada penelitian ini, media presentasi menggunakan perangkat
lunak aplikasi presentasi yaitu Power Point dari Ms. Office dan
Macromedia Flash 8. Kedua aplikasi tersebut memungkinkan untuk membuat media presentasi berbasis multimedia yang menarik karena fitur-fiturnya sudah lebih canggih, terutama pada Macromedia Flash 8.
3. Hasil Belajar siswa
Hasil belajar seseorang ditentukan dari berbagai faktor yang mempengaruhinya, baik itu faktor internal yaitu kemampuan diri dan faktor eksternal yaitu pengaruh lingkungan sekitar.
Hasil belajar terbentuk dari dua kata yaitu ‘hasil’ dan ‘belajar’ yang masing-masing kata tersebut mengandung arti. Hasil menunjukan pada suatu perolehan akibat dilakukannya suatu aktivitas atau proses yang merubah fungsional awalnya. Dalam suatu input-proses-hasil, hasil dapat jelas dibedakan dengan input akibat dari perubahan oleh proses. Begitu pun pada kegiatan belajar mengajar, setelah belajar siswa berubah perilakunya disbanding sebelumnya.
Adapun makna belajar menurutGro u n l u nd (1985 : 25), Belajar adalah proses dalam diri individu yang berinteraksi dengan lingkungan untuk mendapatkan perubahan dalam perilakunya. Perubahan itu diperoleh melalui usaha (bukan karena kematangan), menetap dalam waktu yang relatif lama dan merupakan hasil pengalaman.
Belajar dilakukan untuk mengusahakan adanya perubahan perilaku pada individu yang belajar. Perubahan perilaku itu merupakan perolehan yang menjadi hasil belajar. Hasil belajar adalah perubahan yang mengakibatkan manusia berubah dalam sikap dan tingkah lakunya (Winkel, 1999 : 51). Aspek perubahan itu mengacu kepada taksonomi tujuan pengajaran yang dikembangkan oleh Benjamin S.
Bloom, E. Simpson dan A. Harrow (Winkel, 1999 : 244) yang
mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Media pembelajaran dalam hal ini media presentasi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, karena bisa memberi kemudahan bagi siswa untuk mempelajari materi pelajaran, sehingga menghasilkan proses belajar yang lebih baik.









BAB III METODE PENELITIAN
A. Subjek Penelitian
Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa SMA kelas X tahun ajaran 2008-2009 sebanyak satu kelas dengan mengambil sampel secara acak, dan dilakukan pada mata pelajaran TIK.
B. Desain Penelitian
Penelitian ini dilakukan dengan memakai pendekatans tudi
deskriptif, dengan cara melakukan survey ke sekolah yang menjadi objek
penelitian lalu melakukan analisa terhadap hasil belajar siswa yang diakibatkan oleh proses pembelajaran. Analisis ini mencakup observasi faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi hasil belajar siswa.
C. Instrumen Penelitian
Pada penelitian ini, instrumen yang akan digunakan dalam pengumpulan data adalah penggunaan angket. Angket ini terdiri dari 15 pertanyaan pilihan. Diperlukan untuk memperoleh data berupa respon siswa terhadap proses pembelajaran dengan pemanfaatan media presentasi yang telah diselenggarakan.
D. Langkah-langkah Penelitian
1. Tahap Persiapan
1. Menyusun skenario pembelajaran. 2. Menyusun bahan media presentasi. 3. Menyusun Angket.
4. Melakukan perizinan penelitian.
2. Tahap Pelaksanaan

1.              Menjelaskan metode pembelajaran.
2.      Melakukan pembelajan dengan media presentasi.
3.      Menyebarkan angket untuk diisi oleh siswa setelah kegiatan
presentasi selesai.
4.              Melakukan pengolahan data dengan uji statistik.
5.               

DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S. Dr. Prof. 2002. PROSEDUR PENELITIAN – Suatu Pendekatan
Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Wikipedia (2009).Mu l t i med ia [online]. Tersedia:
http://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia (2 Maret 2009)
Kusumah, W. (2009). Penggunaan Media Presentasi Pembelajaran
Bahasa Indonesia[online]. Tersedia: http://wijayalabs.multiply.com/ (14
April 2009)
Riyanto, S. (2009). Media Pembelajaran Presentasi [online]. Tersedia:
http://slametriyantompd.blogspot.com/2008/11/media-pembelajaran-
presentasi.html (18 Maret 2009)
Ikasmantri. (2009). Komputer Sebagai Media Pembelajaran [online]. Tersedia:
http://blog.ikasmantri07.org/ (18 Maret 2009).
Susanti, S. M,Pd. (2009). Bentuk tes dan tingkah laku belajar [online]. Tersedia:
http://suyono.com/2008/02/bentuk-tes-dan-tingkah-laku-belajar/
(12 Maret 2009)
Top of Form
Bottom of Form
Top of Form
Bottom of Form

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons