UJIAN AKHIR SEMESTER
STATISTIK TERAPAN
Dosen : DR. KUSNENDI, MS
Oleh :
Ahsan Sofyan
1006980
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
SEKOLAH PASCASARJANA
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
BANDUNG
2011
SEKOLAH PASCASARJANA
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
BANDUNG
2011
SOAL
1. Diteliti kompetensi professional guru ekonoi SMA di kabupaten bandung. Masalah penelitian dirumuskan sebagai berikut : “Bagaimana tingkat kompetensi professional yang dimiliki guru ekonomi SMA dikabupaten Bandung?” Merujuk teori tertentu peneliti berhasilkan merumuskan definisi operasional variable kompetensi professional, yang dituangkan kedalam kuesioner Skala Kompetensi Profesional Guru (SKPG) model Likert 5 poin. Sesuai dengan indikatornya, SKPG berisikan 9 (Sembilan) item pernyataan. Berdasarkan data yang dikumpulkan dari 35 orang Guru ekonomi sampel, kuesioner penelitian di uji validitas dan reliabilitasnya. Hasilnya diringkas PRINT-OUT 1. Setelah uji validitas dan reliabilitas, selanjutnya diperoleh dataset penelitian final,diperoleh hasil analisis statistika deskriptif seperti diringkas PRINT-OUT 2
Print-Out 1
No | Mean | Std Deviasi | Cases | |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 | X1 X2 X3 X4 X5 X6 X7 X8 X9 | 2,5714 2,3714 2,6286 2,6571 2,3429 2,6000 2,6000 2,4286 2,8286 | 1,1450 1,2853 1,0314 1,0556 1,0831 1,1682 1,1167 1,3566 1,0142 | 35,0 35,0 35,0 35,0 35,0 35,0 35,0 35,0 35,0 |
Statistik for Scale Mean variance Std Dev N of variabel
23,0286 40,9697 6,4008 9
Item-total Statistik
Scale Mean if item Deleted | Scale variance if Item deleted | Corrected item- Total corelaton | Alpha if item deleted | |
X1 X2 X3 X4 X5 X6 X7 X8 X9 | 20,4571 20,6571 20,4000 20,3714 20,6857 20,4286 20,4286 20,6000 20,2000 | 30,8437 32,0555 36,6000 36,8286 31,2807 30,7815 37,9580 29,8353 32,4000 | ,6931 ,4990 ,2649 ,2763 ,7029 ,6807 ,1282 ,6271 ,6532 | ,7544 ,7812 ,8078 ,8114 ,7548 ,7556 ,8253 ,7615 ,7631 |
Reliability Coefficient
N of cases = 35,0 N of items = 9
Alpha = ,8011
Print-Out 2
Deskriptives
Statistik | Std.Error | |
Kompetensi Propesional Mean Guru Ekonomi 95% Confidence Lower Bound Interval for Mean Upper Bound 5% Trimmed Mean Median Variance Std. Deviation Minimum Maximum Range Interquartile Range Skewness Kurtosis | 23.0286 20.8298 25.2273 23.1508 22.0000 40.970 6.40076 10.00 33.00 23.00 10.0000 ,003 -,823 | 1.08193 ,398 ,778 |
Pertanyaan :
a. Berdasarkan hasil pengolahan data print out 1, dan dengan menggunakan criteria validitas minimal sebesar 0,25, apakah semua item pernyataan dalam kuesioner SKPG memenuhi criteria validitas? Jelaskan.
b. Apakah kuesioner SKPG memenuhi criteria reliabilitas? Jelaskan.
c. Merujuk hasil pengolahan data print out 2, bagaimana jawaban empiris terhadap masalah penelitian yang diajukan? Jelaskan.
Jawab :
a. Koefisien korelasi item-total dikoreksi untuk hasil kuesioner Skala Kompetensi Profesional Guru ( SKPG ), semua item memberikan nilai positif yang lebih besar dari 0,25. Kecuali pada item X7 yang memiliki nilai dibawah 0.25 yaitu 0.12 sehingga item tersebut di anggap tidak valid dan di drop, semua item kecuali item X7 yang terdapat dalam kuesioner Skala Kompetensi Profesional Guru memiliki validitas internal yang memadai dalam mengukur variabel yang diteliti.
b. Koefisien Cronbac’h alpha sebesar 0.801 lebih besar dari 0,70. Hal tersebut mengindikasikan, instrumen pengukuran Skala Kompetensi Profesonal Guru ( SKPG ), memiliki reliabilitas yang memadai untuk menjaring data variable penelitian. Dapat disimpulkan bahwa data yang diperoleh melalui kuesioner Skala Kompetensi Profesonal Guru ( SKPG ), valid dan reliabel untuk digunakan dalam analisis data selanjutnya
c. Deskripsi tentang tingkat Skala Kompetensi Profesional Guru ( SKPG ) dapat diperoleh dari hasil pengolahan statistika deskriptif terhadap data variable Skala Kompetensi Profesional Guru ( SKPG ) pada table di bawah ini :
Tabel Skor Rata-rata, Simpangan Baku, dan Interval Estimasi
Skor Rata-rata Variabel Skala Kompetensi Profesioanl Guru ( SKPG )
Deskriptif Statistik
Rata-rata 23,028
Kesalahan standar rata-rata 1,081
Interval estimasi skor rata-rata Batas bawah 20,829
pada tingkat kepercayaan 95% Batas atas 25,227
Simpangan Baku 6,400
Sumber : diolah dari Tabel Print-out 2
Dari hasil pengolahan data dalam table di atas, diperoleh skor rata-rata data variable Skala Kompetensi Profesional Guru ( SKPG ) sebesar 23,028 dengan interval estimasi pada tingkat kepercayaan sebesar 95% berkisar antara 20,829 sampai 25,227. Dikonsultasikan dengan criteria kategorisasi yang digunakan, maka informasi yang didapat mengindikasikan, pada tingkat kepercayaan 95%, pada umumnya tingkat kompetensi professional guru ekonomi di lingkungan SMA Kabupaten Bandung ada pada kategori cukup.
Jawab :
a. Diagram Jalur dan Persamaan Model Pengukuran EOS dalam Format CFA
b. Seperti dijelaskan pada Gambar B, hasil pengujian overall model fit memberikan informasi bahwa, semua ukuran goodness if fit test yaitu, nilai P hitung lebih besar dari 0.05; RMSEA lebih kecil dari 0,08; nilai GFI, AGFI, NFI, NNFI maupun CFI semuanya lebih besar dari 0,09. Ini berarti bahwa model pengukuran variable Efektivitas Organisasi Sekolah ( EOS ) yang diusulkan fit dengan data
c. Informasi yang diperoleh dari hasil analisis factor konfirmatori tersebut/ pada Tabel.1 adalah taksiran parameter koefisien bobot factor semua indicator lebih besar dari nilai minimal yang direkomendasikan para ahli ( λ > 0,40 ). Hasil uji secara individual terhadap taksiran parameter koefisien bobot factor yang diperoleh semuanya sangat signifikan ( P < 0,001 ).
Dilihat dari reliabilitas konstruk, hasil komputasi memberikan nilai sebesar 0,850 nyata lebih besar dari koefisien reliabilitas konstruk minimal dalam penelitian konfirmatori yang direkomendasikan para ahli ( 0,70 ). Hal tersebut mengindikasikan, model pengukuran yang diusulkan memiliki konsistensi internal yang tinggi dalam menjelaskan variable efektivitas organisasi Sekolah ( EOS ).
d. Merujuk pada hasil pengujian model, baik secara individual, keseluruhan maupun dilihat dari koefesien reliabilitas konstruk yang diperoleh dapat ditarik kesimpulan bahwa variable Efektivitas Organisasi Sekolah ( EOS ), secara empiris, unidimensional, tepat, dan konsisten dapat dijelaskan oleh Sembilan indicator. Kedelapan indikator tersebut apabila diurutkan menurut taksiran parameter koefesien bobot faktornya adalah :
1. Efesiensi dengan taksiran parameter bobot faktor sebesar 0.823 dan reliabilitas sebesar 0.678. dibanding dengan indicator lainnya indicator ini memberikan validitas paling tinggi dalam pembentukan variable efektivitas organisasi di lingkungan Sekolah.
2. Perencanaan dengan taksiran parameter bobot faktor sebesar 0.803 dan reliabilitas sebesar 0.644.
3. Produktifitas dengan taksiran parameter bobot faktor sebesar 0.653 dan reliabilitas sebesar 0.426
4. Kohesivitas dengan taksiran parameter bobot faktor sebesar 0.642 dan reliabilitas sebesar 0.413.
5. Ketersediaan informasi dengan taksiran parameter bobot faktor sebesar 0.614 dan reliabilitas sebesar 0.377.
6. Stabilitas dengan taksiran parameter bobot faktor sebesar 0.596 dan reliabilitas sebesar 0.355.
7. Perolehan sumber daya dengan taksiran parameter bobot faktor sebesar 0.545 dan reliabilitas sebesar 0.297.
8. Keterampilan karyawan dengan taksiran parameter bobot faktor sebesar 0.448 dan reliabilitas sebesar 0.200.
9. Fleksibilitas dengan taksiran parameter bobot faktor sebesar 0.419 dan reliabilitas sebesar 0.176. disbanding dengan indicator lainnya, indicator ini memberikan validitas paling rendah dalam pembentikan variable efektivitas organisasi dilingkungan Sekolah.
Hasil penelitian mengindikasikan memperkuat konsepsi teori nilai-nilai bersaing tentang konstruk efektivitas organisasi. Artinya variable efektivitas organisasi pada Sekolah secara unidimensional, tepat dan konsisten dapat dijelaskan oleh Sembilan indicator sebagaimana yang di konsepsikan teori nilai-nilai bersaing.
TABEL.1
3. Seorang peneliti merumuskan kerangka pemikiran penelitian sebagaimana model berikut :
Y1 = f (X1,X2,X3,e1)
Y2 = f(X1, X2,X3,e2)
Dugaan sementara semua variable penyebab pengaruh positif terhadap variabeel akibat. Berdasarkan ukuran sampel 100 rsponden peneliti melaporkan matriks korelasi antar variable sebagaimana di jelaskan Tabel 2.
X1 | X2 | X3 | Y1 | Y2 | |
X1 Pearson correlation sig (2-tailed) N | 1 . 111 | 0.805 0.000 111 | 731 000 111 | 858 000 111 | 825 000 111 |
X2 Pearson correlation sig (2-tailed) N | 0.805 0.000 111 | 1 . 111 | 721 000 111 | 869 000 111 | 839 000 111 |
X3 Pearson correlation sig (2-tailed) N | 731 000 111 | 721 000 111 | 1 . 111 | 801 000 111 | 774 000 111 |
Y1 Pearson correlation sig (2-tailed) N | 858 000 111 | 869 000 111 | 801 000 111 | 1 . 111 | 886 000 111 |
Y2 Pearson correlation sig (2-tailed) N | 825 000 111 | 839 000 111 | 774 000 111 | 886 000 111 | 1 . 111 |
Pertanyaan :
a. Rumuskan hipotesis penelitian dan hipotesis statistic yang akan di uji.
b. Dalam format analisis jalur, rumuskan diagram jalur dan persamaan model structural yang akan di uji.
c. Secara manual, hitung estimasi parameter untuk kedua model structural yang di uji
d. Buat ringkasan hasilanalisis data dalam bentuk table, persamaan dan diagram jalur empiris lengkap untuk model structural yang diuji.
e. Interpretasikan hasil analisis data tersebut.
Jawab :
a. Hipotesis Penelitian :
- H1 = X1 berpengaruh positif terhadap Y1
- H2 = X2 berpengaruh positif terhadap Y1
- H3 = X3 berpengaruh positif terhadap Y1
- H4 = X1 berpengaruh positif terhadap Y2
- H5 = X2 berpengaruh positif terhadap Y2
- H6 = X3 berpengaruh positif terhadap Y2
- H7 = Y1 berpengaruh positif terhadap Y2
Hipotesis Statistik
- H1 => H0 : a1 = 0, Y1 tidak dipengaruhi X1
Ha : a1 > 0, X1 berpengaruh positif terhadap Y1
- H2 => H0 : a2 = 0, Y1 tidak dipengaruhi X2
Ha : a2 > 0, X2 berpengaruh positif terhadap Y1
- H3 => H0 : a3 = 0, Y1 tidak dipengaruhi X3
Ha : a3 > 0, X3 berpengaruh positif terhadap Y1
- H4 => H0 : a4 = 0, Y2 tidak dipengaruhi X1
Ha : a4 > 0, X1 berpengaruh positif terhadap Y2
- H5 => H0 : a5 = 0, Y2 tidak dipengaruhi X2
Ha : a5 > 0, X2 berpengaruh positif terhadap Y2
- H6 => H0 : a6 = 0, Y2 tidak dipengaruhi X3
Ha : a6 > 0, X3 berpengaruh positif terhadap Y2
- H7 => H0 : a7 = 0, Y2 tidak dipengaruhi Y1
Ha : a7 > 0, Y1 berpengaruh positif terhadap Y2
b. Diagram Jalur dan Persamaan Model Struktural
Persamaan Model Srtuktural :
Y1 = ao + a1X1 + a2X2 + a3X3 + e1
Y2 = bo + b1X1 + b2X2 + b3X3 + b4Y1 + e2
c. Estimasi parameter dihitung secara manual
X1 | X2 | X3 | Y1 | Y2 | |
X1 | 1 | 0.805 | 0.731 | 0.858 | 0.825 |
X2 | 0.805 | 1 | 0.721 | 0.869 | 0.839 |
X3 | 0.731 | 0.721 | 1 | 0.801 | 0.774 |
Y1 | 0.858 | 0.869 | 0.801 | 1 | 0.886 |
Y2 | 0.825 | 0.839 | 0.774 | 0.886 | 1 |
I. Uji model y1 = f (xi,y2, y3, e1)
1. Matriks korelasi antara variable penyebab model Y1
R2 : X1 X2 X3
1.00 0.805 0.731 X1
0.805 1 0.721 X2
0.731 0.721 1 X3
2. Matriks inversnya adalah :
R2-1 : C11 C12 C13 3,281 -1.899 -1.029
C21 C22 C23 = -1.899 3.282 -0.905
C31 C32 C33 -0.029 -0.905 2.405
3. Keefisienan jalur ρy1x1, ρy1x2, dan ρy1x3 adalah :
ρy1x1 3.281 -1.899 -1.029 0.858
ρy1x2 = -1.899 3.182 -0.905 0.869
ρy1x3 -1.029 -0.905 2.405 0.801
ρy1x1 = (3.281) (0.858) + (-1.899) (0.869) + (-1.029) (0.801) = 0.3406
ρy1x2 = (-1.899)(0.858) + (3.182) (0.869) + (2.405) (0.801) = 0.4109
ρy1x3 = (-1.029)(0.858) + (-0.905) (0.869) + (2.405) (0.801) = 0.2602
4. R2 y1.x1 x2 x3 = (0.3406)(0.858) + (0.4109)(0.869)+(0.2602)(0.801)
= 0.8577
5. Koefisien jalur variable residu e1 ditentukan sebagai berikut:
ρe1 =
= = = 0.3772
Uji Model Y2 = f (X1,X2,X3,Y1,e2)
Y1 = α1X1 + α2X2 + α3X3 + e1
= (0.858X1 + 0.869X2 + 0.801X3 + 0.3772
R = 1-0.377 R2= 0.388 = 0.623
II Uji model Y2 = f (X1 Y2 Y3 Y1) e1
1. Matriks korelasi antar variable penyebab model Y2
R2 = X1 X2 X3 Y1
1 0.805 0.731 0.858 X1
0.805 1 0.721 0.869 X2
0.731 0.721 1 0.801 X3
0.858 0.869 0.801 1 Y1
2. Matriks inversnya adalah :
R2 -1 c11 c12 c13 c14 4.074 -0.944 -0.431 -2.329
C21 c22 c23 c24 -0.944 4.332 -0.186 -2.805
C31 c32 c33 c34 = -0.431 -0.186 2.255 -1.755
C41 c42 c43 c44 -2.329 -2.805 -1.355 6.842
3. Koefisien jalur P Y2X1, P Y2X2, P Y2X3, dan P Y2Y1 adalah
Y2X1 4.074 -0.944 -0.431 -2.329 0.825
Y2X2 -0.944 4.332 -0.186 -2.805 0.839
Y2X3 = -0.431 -0.186 2.255 -1.755 0.774
Y2Y1 -2.329 -2.805 -1.355 6.842 0.886
P Y2X1= (4.074)( 0.825)+( -0.944)( 0.839)+( -0.431)( 0.774)+( -2.329)( 0.886)=0.171
P Y2X2=(-0.944)( 0.825)+( 4.332)( 0.839)+( -0.186)( 0.774)+( -2.805)( 0.886)=0.226
P Y2X3=(-0.431)( 0.825)+( -0.186)( 0.839)+( 2.255)( 0.774)+( -1.755)( 0.886)=0.143
P Y2Y1=(-2.329)( 0.825)+( -2.805)( 0.839)+( -1.355)( 0.774)+( 6.842)( 0.886)=0.428
4. R2Y2. X1X2X3Y1 = (0.171)( 0.825)+( 0.226)( 0.839)+( 0.143)( 0.774)+
(0.428)( 0.886)=0.820
5. Koefisien jalur variable residu e2 sebagaimana berikut :
P e2 = = = = = 0.424
R = 0.576 R2 = 0.331
d. Tabel Rangkuman Hasil Uji Hipotesis
HIPOTESIS | Koefisien Regresi β | �� | P-Value | Hari ini | R 2 |
0.340 0.410 0.260 0.171 0.226 0.143 0.428 | 0.901 1.087 0.689 0.403 0.555 0.337 1.009 | 0.000 0.000 0.000 0.000 0.000 0.000 0.000 | Ditolak Ditolak Ditolak Ditolak Ditolak Ditolak Ditolak | 0.623 0.576 |
Estimasi persamaan regresi model Y1 dapat dirumuskan
Standarized ( Beta ) = Pengaruh
Y1 = 0,340X1 + 0,410X2 + 0,260X3 + 0,337
Estimasi persamaan regresi model Y2 dapat dirumuskan
Standarized ( Beta ) = pengaruh
Y2 = 0,171X1 + 0,226X2 + 0,143X3 + 0,428Y1 + 0,424
Diagram jalur empiris model struktural yang di uji
e. Interpletasi Hasil Analisis
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh informasi objektif sebagai berikut :
a. Hipotesis penelitian pertama yang menyatakan X1 berpengaruh positif terhadap Y1 dapat diterima, kalaupun kesimpulan tersebut salah, kesalahan tersebut hanya sebesar 0,000 ( P Value ) sangat signifikan
b. Hipotesis penelitian pertama yang menyatakan X2 berpengaruh positif terhadap Y1 dapat diterima, kalaupun kesimpulan tersebut salah, kesalahan tersebut hanya sebesar 0,000 ( sangat signifikan )
c. Hipotesis penelitian pertama yang menyatakan X3 berpengaruh positif terhadap Y1 dapat diterima, kalaupun kesimpulan tersebut salah, kesalahan tersebut hanya sebesar 0,000 ( sangat signifikan )
d. Hipotesis penelitian pertama yang menyatakan X1 berpengaruh positif terhadap Y2 dapat diterima, kalaupun kesimpulan tersebut salah, kesalahan tersebut hanya sebesar 0,000 ( sangat signifikan )
e. Hipotesis penelitian pertama yang menyatakan X2 berpengaruh positif terhadap Y2 dapat diterima, kalaupun kesimpulan tersebut salah, kesalahan tersebut hanya sebesar 0,000 ( sangat signifikan )
f. Hipotesis penelitian pertama yang menyatakan X3 berpengaruh positif terhadap Y2 dapat diterima, kalaupun kesimpulan tersebut salah, kesalahan tersebut hanya sebesar 0,000 ( sangat signifikan )
g. Hipotesis penelitian pertama yang menyatakan Y1 berpengaruh positif terhadap Y2 dapat diterima, kalaupun kesimpulan tersebut salah, kesalahan tersebut hanya sebesar 0,000 ( sangat signifikan )
h. Besarnya pengaruh X1, X2 dan X3 masing-masing terhadap Y1 sebesar 0,11; 0,14 dan 0,23 secara bersamaan besarnya pengaruh X1, X2 dan X3 adalah sebesar 0,765 dan sisanya sebesar 0,235 merupakan pengaruh variable lain yang tidak di teliti ( e1 ).
i. Besarnya pengaruh X1, X2, X3 dan Y1 masing-masing terhadap Y2 sebesar 0,43; 0,21; 0,32; dan 0,13 secara bersamaan besarnya pengaruh X1, X2, X3 dan Y1 adalah sebesar 0,776 dan sisanya sebesar 0,224 merupakan pengaruh variable lain yang tidak diteliti ( e2 ).
j. Estimasi persamaan regresi model Y1 dapat dirumuskan
a. Unstandarized ( B ) = Prediksi
Y1 = 0,125 + 0,171X1 + 0,233X2 + 0,122X3 ; 0,765
b. Standarized ( Beta ) = Pengaruh
Y1 = 0,11X1 + 0,14X2 + 0,23X3 + 0,235
Estimasi persamaan regresi model Y2 dapat dirumuskan
a. Unstandarized ( B ) = Prediksi
Y2 = 0,125 + 0,222X1 + 0,132X2 + 0,112X3 + 0,134Y1 ; 0,776
b. Standarized ( Beta ) = pengaruh
Y2 = 0,43X1 + 0,21X2 + 0,23X3 + 0,13Y1 + 0,224
Jawab :
Ringkasan Hasil Analisis Konfirmatori
Overall Measurement Model Studi EO
Persamaan Pengukuran | Estimasi | SE | cr | P | |
RW | SRW | ||||
Y < ----- X1 | 0,1577 | 0,0569 | 0,2905 | 0,5428 | 0,5873 |
Y < ----- X2 | 0,8163 | 0,2514 | 0,2736 | 2,9836 | 0,0028 |
Y < ----- X3 | 0,6673 | 0,2937 | 0,2238 | 2,9825 | 0,0029 |
Y < ----- X4 | 0,7547 | 0,2859 | 0,2334 | 3,1951 | 0,0014 |
Z < ----- X1 | 0,4795 | 0,2589 | 0,1380 | 3,4749 | *** |
Z < ----- X2 | 0,4431 | 0,2043 | 0,1355 | 3,2705 | 0,0011 |
Z < ----- X3 | 0,3013 | 0,1985 | 0,1108 | 2,7193 | 0,0065 |
Z < ----- X4 | 0,3713 | 0,2132 | 0,1163 | 3,1937 | 0,0014 |
Z < ----- Y | 0,1451 | 0,2172 | 0,0477 | 3,0428 | 0,0023 |
Interpretasi Hasil
- Overall Measurement Model Studi EO tidak fit dengan data ( P = - < 0,05; RMSEA = - > 0,08; CFI = 1.000 < 0,90 ).
- Koefisien bobot factor X1 à Y tidak signifikan P = 0,5873> 0,05 ).
- Koefisien bobot factor yang lain secara statistic signifikan tetapi nilainya dalam angka yang di standarkan kurang dari 0,50
- Kesimpulan: indicator X1 diindikasikan tidak valid mengukur variable latennya, karena itu dikeluarkan dari model. Model pengukuran studi EO diperbaiki, parameter model pengukuran diestimasi dan di uji ulang.
Ringkasan Hasil Analisis Konfirmatori
Re-estimasi Overall Measurement Model Studi EO
Persamaan Pengukuran | Estimasi | SE | cr | P | |
RW | SRW | ||||
Y < ----- X2 | 0,8408 | 0,2590 | 0,2703 | 3,1110 | 0,0019 |
Y < ----- X3 | 0,7262 | 0,3196 | 0,1960 | 3,7050 | *** |
Y < ----- X4 | 0,7905 | 0,3031 | 0,2186 | 3,6158 | *** |
Z < ----- X1 | 0,4795 | 0,2593 | 0,1378 | 3,4800 | *** |
Z < ----- X2 | 0,4431 | 0,2046 | 0,1358 | 3,2628 | 0,0011 |
Z < ----- X3 | 0,3013 | 0,1985 | 0,1116 | 2,6992 | 0,0070 |
Z < ----- X4 | 0,3713 | 0,2135 | 0,1169 | 3,1715 | 0,0015 |
Z < ----- Y | 0,1451 | 0,2175 | 0,0476 | 3,0473 | 0,0023 |
Interpretasi Hasil
- Setelah diperbaiki overall Measurement Model Studi EO masih tidak fit dengan data ( P = 0,5876 > 0,05; RMSEA = 0,000 < 0,08; CFI = 1.000 > 0,90 ).
- Koefisien bobot factor seluruhnya secara signifikan ( P value = 0,05 ) dengan nilai estimasi standardized seluruhnya < 0,50
- Kedua model pengukuran ( Y dan Z ) memberikan nilai estimasi CR < 0,70
- Kesimpulan : setelah diperbaiki, model pengukuran yang diusulkan masih belum memenuhi criteria congeneric measurement model artinya kedua variable laten yang diteliti secara unidimensional, valid dan reliable tidak dapat diukur oleh indicator-indikator sebagaimana dijelaskan dalam gambar di atas.
0 komentar:
Posting Komentar