About

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
Berpikir POSITIF, KRITIS, KREATIF,INOVATIF, SOLUTIF...berserah diri pada ALLAH SWT.

talk n think my Blog

Selasa, 06 September 2011

Peradaban Manusia

Evolusi Budaya
evolusi sosial budaya (ism) adalah istilah umum untuk teori evolusi budayada nevolusi sosial , menggambarkan bagaimanab u d a y a danm a s y a r a k a t telah berubah dari waktu ke waktu. Perhatikan bahwa "evolusi sosial budaya" tidak setara "pembangunan sosial budaya" (proses bersatu diferensiasi dan integrasi sosial budaya yang melibatkan peningkatank o m p l e k s ita s ), sebagai evolusi sosial budaya juga mencakup transformasi sosial budaya disertai dengan penurunan kompleksitas (d e g e n e r a s i ) serta yang tidak disertai oleh perubahan signifikan kompleksitas social budaya (c l a d o g e n e s i s ). Dengan demikian, evolusi sosial budaya dapat didefinisikan sebagai "proses dimana reorganisasi struktural dipengaruhi melalui waktu, akhirnya menghasilkan bentuk atau struktur yang secara kualitatif berbeda dari bentuk leluhur .. .. evolusionisme kemudian menjadi kegiatan ilmiah untuk menemukan penjelasan nomothetic untuk terjadinya perubahan struktural tersebut ".Meskipun teori seperti biasanya menyediakan model untuk memahami hubungan antarate k n o lo g i , struktur sosial , makan i l a i - n i l a i dari sebuahm a s y a r a k a t , dan bagaimana dan mengapa mereka berubah dengan waktu, mereka berbeda-beda untuk sejauh mana mereka menggambarkan mekanisme khususv a r i a s i dan perubahan sosial .
. teori-teori tersebut biasanya menyediakan model untuk memahami hubungan antara teknologi, struktur sosial, kepercayaan, nilai dan tujuan masyarakat, dan bagaimana dan mengapa mereka berubah dengan waktu. model tersebut menarik bagi militer dalam membantu daerah yang tidak stabil transisi menuju negara yang berkelanjutan lebih stabil. Most 19th century and some 20th century approaches aimed to provide models for the evolution ofh u m a n k in d as a whole, arguing that different ocieties are at different stages of social development . Sebagian besar abad ke-19 dan beberapa abad ke-20 pendekatan yang bertujuan untuk menyediakan model untuk evolusim a n u s ia secara keseluruhan, dengan alasan bahwa masyarakat berbeda dalam berbagai tahapp e m b a n g u n a n sosial . At present this thread is continued to some extent within the World System approach. Saat ini thread ini dilanjutkan sampai batas tertentu dalam Sistem Dunia pendekatan. Many of the more recent 20th-century approaches focus on changes specific to individual societies and reject the idea of directional change, or social progress . Banyak dari abad ke-20-pendekatan baru yang lebih fokus pada perubahan spesifik untuk individu dan masyarakat menolak ide perubahan arah, atauk e m a ju a n sosial.

evolusionisme sosial budaya dan gagasan tentang kemajuan
Main article: Unilineal evolution Artikel utama: evolusi unilineal Sementara evolusionis sosial budaya setuju bahwa seperti proses evolusi mengarah pada kemajuan sosial, evolusionis sosial klasik telah mengembangkan teori yang berbeda, dikenal sebagai teori evolusi unilineal. evolusionisme sosial budaya mencoba merumuskan pemikiran sosial sepanjang garis ilmiah, dengan pengaruh tambahan dari teori biologise v o lu s i. Jika organisme bisa berkembang dari waktu ke waktu sesuai dengan yang jelas, hukum deterministik, maka tampaknya masuk akal bahwa masyarakat sebagai bisa juga. Masyarakat manusia dibandingkan dengan organisme biologis, dan setara ilmu sosial konsep sepertiv a r i a s i , seleksi alam , danw a r is a n diperkenalkan sebagai faktor yang mengakibatkan kemajuan masyarakat. Ide kemajuan menyebabkan bahwa dari "tahap" tetap melalui mana manusia kemajuan masyarakat, biasanya penomoran tiga-kebiadaban, barbarisme, dan peradaban-tapi kadang-kadang lebih banyak. Pada awal abad ke-18 akhir Marquis de Condorcet terdaftar 10 tahap, atau "zaman", setiap memajukan hak-hak manusia dan menyempurnakan umat manusia. Pada waktu itu,a n t r o p o l o g i terbit sebagai suatu disiplin ilmu baru, memisahkan dari pandangan tradisional "primitif" budaya yang biasanya didasarkan pada pandangan agama.
Dalam banyak hal itu teori Spencer dari " evolusi kosmik "memiliki lebih banyak kesamaan dengan karya-karya Jean-Baptiste Lamarck dan Auguste Comte dibandingkan dengan karya-karya kontemporer dari Charles Darwin . Spencer also developed and published his theories several years earlier than Darwin. Spencer juga mengembangkan dan menerbitkan teorinya beberapa tahun lebih awal dari Darwin. '. Dalam kaitan dengan lembaga-lembaga sosial, bagaimanapun, ada kasus yang baik bahwa tulisan Spencer dapat diklasifikasikan sebagai 'Sosial evolusionisme'. . Meskipun ia menulis bahwa masyarakat dari waktu ke waktu berlangsung, dan kemajuan yang dicapai melalui kompetisi, dia menekankan bahwai n d i v i d u (bukank o l e k t i v i t a s ) adalah unit analisis yang berkembang, bahwa evolusi terjadi melalui seleksi alam dan bahwa hal itu mempengaruhi social serta sebagai fenomena biologis. . Meskipun demikian, penerbitan karya Darwin terbukti anugerah untuk para pendukung evolusi sosial budaya. Ide-ide evolusi biologi dipandang sebagai penjelasan yang menarik bagi banyak pertanyaan tentang perkembangan masyarakat Baik Spencer dan Comte melihat masyarakat sebagai semacam subjek organisme untuk proses pertumbuhan-dari kesederhanaan untuk kompleksitas, dari kekacauan untuk memesan, dari generalisasi untuk spesialisasi, dari fleksibilitas untuk organisasi. Mereka sepakat bahwa proses pertumbuhan masyarakat dapat dibagi menjadi tahapan tertentu, memiliki awal dan akhir akhirnya, dan bahwa pertumbuhan ini sebenarnya adalah kemajuan sosial -masing-masing lebih baru, lebih
masyarakat berkembang lebih baik. Jadip r o g r e s i v i s m e menjadi salah satu ide dasar yang mendasari teori evolusionisme sosial budaya yang dikenal sebagai bapak sosiologi, merumuskan hukum tiga tahap : pembangunan manusia berlangsung darit e o l o g i s panggung, di mana alam mythically dikandung dan manusia mencari penjelasan fenomena alami dari makhluk gaib, melalui tahap metafisika di mana alam dikandung sebagai akibat dari kekuatan jelas dan manusia mencari penjelasan fenomena alam dari mereka sampai akhirp o s i t i f tahap di mana semua abstrak dan mengaburkan kekuatan dibuang, dan fenomena alam yang dijelaskan oleh hubungan konstan mereka. kemajuan ini terpaksa melalui perkembangan pikiran manusia, dan aplikasi peningkatan pemikiran, penalaran dan logika untuk memahami dunia. ntuk Comte, itu adalah-penilaian masyarakat sains yang paling, dikembangkan jenis tertinggi organisasi manusia.yang berpendapat menentang intervensi pemerintah , percaya bahwa evolusi masyarakat harus meningkat terhadap kebebasan individu, membedakan antara dua tahap pembangunan, dengan fokus pada jenis peraturan internal dalam masyarakat. Dengan demikian ia dibedakan antara militer danin dus tri masyarakat.
Sebelumnya, militer masyarakat primitif lebih memiliki tujuan penaklukan danp e r ta h a n a n , adalahte r p u s a t ,e k o n o m i mandiri,k o l e k t i f , menempatkan kepentingan kelompok di atas kepentingan individu, menggunakan paksaan, kekerasan dan penindasan, penghargaan kesetiaan, ketaatan dan disiplin. Masyarakat industri memiliki tujuan produksid a n perdagangan , adalah desentralisasi , berkaitan dengan masyarakat lain melalui hubungan ekonomi, mencapai tujuannya melalui kerjasama sukarela dan individu menahan diri, baik memperlakukan individu sebagai nilai tertinggi, mengatur kehidupan sosial melalui hubungan sukarela, inisiatif nilai-nilai, independensi dan inovasi. Proses transisi dari militer ke masyarakat industri adalah hasil dari proses evolusi yang mantap dalam masyarakat.
Terlepas dari bagaimana sarjana Spencer menafsirkan hubungannya dengan Darwin, Spencer terbukti menjadi tokoh yang sangat populer pada 1870-an, khususnya di Amerika Serikat Penulis seperti Edward L. Youmans , William Graham Sumner , John Fiske , John W. Burgess ,L e s t e r Frank Ward, Lewis H. Morgan dan pemikir lain dari usia disepuh semua teori serupa dikembangkan evolusionisme sosial sebagai akibat dari eksposur mereka terhadap Spencer serta Darwin.
Dinamika peradaban global
Peradaban manusia sangat dapat dilihat dari perilaku, tindak tanduk, dan pola pikir manusia tersebut. Jika manusia tersebut memiliki peradaban yang tinggi atau maju, maka kehidupan dari
manusia tersebut akan sangat maju dari segi apapun. Tapi tidak semua peradaban dibumi memiliki kesamaan dalam hal kemajuan peradaban. Ini disebabkan banyak faktor seperti letak geografis peradaban tersebut berbeda-beda. Karena itulah terkadang peradaban yang tinggi dan besar menggunakan kelebihannya itu untuk mengekspansi peradaban yang kecil dan inilah yang dapat kita sebut sebagai penjajahan. Penyetaraan peradaban yang ada diseluruh muka bumi ini sangatlah sulit, karena peradaban bersifat dinamis yaitu tidak terhenti, berbanding lurus dengan laju dari waktu sehingga peradaban akan sangat dinamis. Jika satu peradaban mencoba mengejar ketertinggalan maka, peradaban yang sudah maju akan semakin maju. Ini seperti yang dikatakan barusan yaitu keamajuan peradaban berbanding lurus dengan laju waktu. Oleh sebab itu peradaban merupakan pusat proses dari peningkatan taraf kesejahteraan hidup. 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons